Sabtu, 23 Oktober 2010

Tugas anak SMA ananda

DATA TANAMAN SALAK
KEC. SANGATA SELATAN

No Petani/Kelompok Tani Luas Lahan Produksi/Bln Desa
1 Kel. Bambapuang 10 Ha 3000 Kg Sangata selatan
2 Kel. Bunga salak 15 Ha 4500 Kg Sangata selatan
3 Pak Acai 1 Ha 300 Kg Sangata selatan
4 Ibu Tiama 1 Ha 300 Kg Sangata selatan
5 Pak Rahman 0,5 Ha 150 Kg Sangkima
6 Pak Hasbi 1 Ha 300 Kg Sangkima
7 Pak Arifin 0,5 Ha 150 Kg Sangkima
8 Pak Jafar 0,5 Ha 150 Kg Sangkima
9 Pak Hasmin 0,5 Ha 150 Kg Sangkima
10 Pak Sule 1 Ha 300 Kg Sangkima
11 Pak Mattang 0,5 Ha 150 Kg Sangkima
12 Pak Rahim 0,5 Ha 150 Kg Sangkima
Total 9.600 Kg






DATA REALITAS TANAMAN KOMODITI PERTANIAN
DI KECAMATAN SENGATA SELATAN
BULAN JANUARI-SEPTEMBER 2009.

I. Padi Sawah Dan Padi Gunung
No Komoditi Luas Tanam (Hektar) Luas Panen (Hektar)
1 Padi Sawah 250 228
2 Padi Gunung 185 123
JUMLAH 435 351

II. Palawija
No Komoditi Luas Tanam (Hektar) Luas Panen (Hektar)
1 Jagung 41 37
2 Kedelai 20 17
3 Kacang Tanah 10 8
JUMLAH 71 62






III. HORTIKULTUR
A. SAYURAN
No Komuditi Sayuran Luas Tanam (Hektar) Luas Panen (Hektar)
1 Terong 8 7,5
2 Kacang Panjang 23 22
3 Sawi 8 8
4 Bayam 9 8,5
5 Kangkung 12 10
6 Tomat 17 13
7 Cabe Besar 22 21
8 Cabe Rawit 17 16
9 Ketimun 18 16
10 Buncis 12 11
11 Labu 9 8
12 Pare 5 4,5
13 Ubi Kayu 35 35
14 Ubi Jalar 18 12
15 Melon 4 3,5
16 Semangka 7 6,5
JUMLAH 224 202,5



B. BUAH-BUAHAN
No Komoditi Buah Jumlah Pohon/rumpun
1 Jeruk Keprok 850
2 Durian 283
3 Mangga 87
4 Cimpedak 113
5 Alpukat 178
6 Rambutan 287
7 Petai 146
8 Melinjo 81
9 Jengkol 37
10 Salak 782
11 Pisang 631
12 Nanas 53
JUMLAH 3.528

ANALISIS
USAHA PRODUK PETANIAN
( KERIPIK SINGKONG )









Disusun oleh :
M. zamroji Almursid
Julius pawing ditama
Abdul rahman




SMA NEGRI 1 SENGATA SELATAN
KABUPATEN KUTAI TIMUR
2009
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam yang telah memberi kita semua kehidupan yang baik ini. Dan sholawat dan salam semoga selalu tercurah pada nabi besar kita yakni nabi Muhammad yang telam membawa kita ke jalan yang penuh dengan berkah dan penuh dengan cahaya yang bersinar. Dan semoga kita semua yang ada di lingkungan yang baik akan mendapatkan sesuatuyang baik pula, karena sesuatu yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik juga.
Begitu juga dengan tugas yang telah kami buat ini, semoga kita dapat mengambil pelajaran dan ilmu yang baik agar kita menjadi orang yang biak pula. Namun kami sadar bahwa kami adalah manusia biasa yang tak akan pernah lepas dari kesalahan yang ada. Bagitu juga dengan penulisan yang telah kami lakukan mungkin masih sangat jauh dari harapan yang kita ingginkan. Oleh karenanya kami memohon saran dan kritik yang bersifat membangun agar dalam kesempatan penulisan yang akan kami lakukan selanjutnya, kesalahan dan kekurangan yang kami miliki dapat berkurang dan menjadi lebih sempurna.
Atas saran dan kritik yang anda berikan kami mengucapkan banyak terima kasih. Dan semoga semua kegiatan yang baik yang telah kita lakukan mendapat nilai yang baik di mata Allah SWT. Amin.







PENULIS








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………..
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………….
A. Latar belakang …………………………………………………………………..
B. Tujuan ……………………………………………………………………………..
C. Manfaat …………………………………………………………………………….
BAB II GAMBARAN UMUM USAHA KERIPIK SINGKONG…………………………
A. Gambaran umum usaha…………………………………………………………
B. Tempat-tempat dijualnya keripik singkong……………………………………
C. Peta konsep…………………………………………………………………………
BAB III ANALISIS USAHA ………………………………………………………………..
A. Analisis ekononmi………………………………………………………………..
B. Analisis peluang pasar…………………………………………………………..
BAB IV METODOLOGI……………………………………………………………………..
A. Peralatan …………………………………………………………………………….
B. Bahan ………………………………………………………………………………..
C. Cara pembuatan ……………………………………………………………………
LAMPIRAN …………………………………………………………………………………..
PENUTUP…………………………………………………………………………………….













BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Keripik singkong adalah makanan yang sangat femiliar dengan kehidupan kita dalam hal makanan yang seringb kita konsumsi. Keripik singkong adalah makanan yang berasal dari tanaman singkong, yang kemudian di olah menjadi makanan yang enak dan lezat dengan berbagi rasa dan aroma yang sanagt mengundang selera bagi yang melihat dan merasakan rasa dari nkripik singkong yang telah dibaut dalam berbagai macam rasa
Kami memilih keripik singkong kerena, keripik singkong adalah makanan yang sehat dan terbaut dari bahan yang alami, keripik singkong juga merupakan makanan yang sederhana namun banyak disukai oleh orang banyak. Sehingga itulah yaqn membuat kami tertarik untuk memilih, membuatnya dan menuliskan hasil yang kami buat ini dalam bentuk tulisan.

B. Tujuan
kami ingin Dengan adanya makanan yang sehat dan bergizi yang terbuat dari bahan yang alami kami sanghat baerharap para kaum muda ayang mencintai makanan yang bergizi makanlah makanan yang bergizi dan cintailah produk dalam negeri. Adapun tujuan kami adalah sebagai bearikut ini :
1. Ingin mengetahui bagaimana cara pembautan keripik singkong yang baik dan bergizi.
2. ingin membuat sebuah inovasi yang baru terhadap keripik yang terbuat dari singkong, sehinga menjadi lebih menarik dan disukai oleh orang banyak.
3. ingin melakukan usaha yang sederhana namun dapat menghasilkan penghasilah yang bersar.
Tersebut adalah tujuan yang kami capai dengan memilih produk yang sangat sederhana dan sangat familiar di kalangan masyarakat.

C. Manfaat
Manfaat adalah hal yang peroleh dari sesuatu yang kita lakukan, dan yang merupakan hasil dari sebuah kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari
hari. Adapun manfaat yang kami dapat dari belajar membuat kerepik singkong adalah sebagi berikut ini
1. Kami dapat membuat makanan yang enak dan bergizi dari bahan yang bsanagt sederhana
2. kami mampu belajar membuat hal-hal yang sederhana menjadi sesuatu yang bisa menjadi istimewa.
3. kami dapat belajar bagai mana membauat sebuah makanan yang enak dan bergizi bagi kita dan orang yang ada di sekitar kita.
4. kami dapat menambah ilmu yang kami miliki sehingga kami dapat menjadi orang yang mampu bersaing dalam duniaq bisnis yang sekarang ini sedang melonjak tinggi.
5. kami sebagi lpelajar diajarkan bagaimana cara membaut makanan yang sehat dari bahan yang sehat pula
6. kami menjadi senag karena makanan yang kami bauat ternyata lumayan enak dalam ukuran seorang pelajar.
Demikian adalah hal-hal atau manfaaat yang kami peroleh setelah melakukan pembuatan keripik singkong yang sederhana. Dengan kemampuan yang kami miliki kami hanya mampu membuat hal-hal yang demikian karena keterbatasan ilmu yang kami miliki tentang keripik singkong.
















BAB II
GAMBARAN UMUM USAHA KERIPIK SINGKONG
A.Gambaran umum
Usaha keripik singkong adalah hal yang sangat menyenagkan karenq kita dapat dan mampu menghasilkan penghasilah sendiri dengan usaha yang kita tekuni. Keripik singkong adalah makanan yang familiar dimulut dan di telinga masyarakat karena semua orang pasti pernah melihat, merasakan rasa yang dimiliki oleh keripik singkong tersebut.
Sehingga apabila kita membuat sebuah produk yang baru atau inovasi yang baru maka akan dengan cepat berita tentang keripik singkong tersebut akan menyebar. Dikarenakan makanan tersebut sangatlah femiliar di kalangan masyarakat, baik kalangan bawah , kalangan menengan, maupun kalangan atas. Hal ini terbukti dengan adanya banyak orang yang membuat keripik singkong di dalam masyarakat sekitar kita.
Keripik singkong umunya berada di daerah-daerah yang berupa tempat makan atau warung-warung yang menyediakan makanan ringan atau makanan pokok yang sanagt sering dikunjungi oleh orang banyak.

B. Tempat-tempat penjualan keripik singkong
Keripik singkong adalah makanan yang femiliar di kalangan masyarakat jadi kita dapat mengetahui dimana tempat-tempat keripik singkong dijual belikan. Adapun tempat-tenpat dijualnya keripik singkong adalah sebagi berikut ini :
1. Warung-warung makan
2. Toko penjual makanan ringan
3. Kantin sekolahan
4. Pasar-pasar
5. Dll
Tersebut diatas adalah tempat-tempat dimana keripik singkong dijuan belikan, sehinga antara masyarakat dan keripik singkong sangatalah erat kaitannya. Karena mereka berada pada tempat yang sama dan sering pula orangvtersebut mengunjunginya untuk mencari makanan.


C.Peta konsep secara umum
Peta konsep tentang analisi usaha secara umum dan apa yang ada di dalamnya





Diatas adalah beberapa gambar tentang gambaran usaha secara umum sehingga hanya itu yang kami tampilkan namun apabila kita membahas yang lebih luass yakni analisis usaha secara luas seperti analisis ekonomi dan analisis peluang pasar kami akan memberikan peta konsep yang luas sesuai dengan apa yang kami bahas.
Penjelasan tentang konsep tersebuta adalah sebagai berikut ini :
1. para petani singkong menjual hasil tanamannya kepada produsen pembuat keripik singkong
2. toko penjual bahan dan peralatan pembuatan keripik singkong menjual barangnya kepada produsen keripik singkong
3. produsen menjual kepada penjual keripik singkong dan kemudian menjual kepada konsumen
4. semua itu berhubungan dengan erat karena mereka saling memperngaruhi satu sama lain.


BAB III
ANALISIS USAHA
A. ANALISIS EKONOMI
Dalam hal ekonomi yang harus kita lakukan atau yang perlu kita analisis adalah yang mencakup permasalah eakonomi sekarang ini atau ekonimi modern yang terjadi sekaran ini. Masalah ekonomi tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Apa?, barang apa yang akan kita produksi atau yang akan kita buat. Di sini yang akan menjadi pembahasan kita adalah barang apa yang perlu kita buat untuk kita produksi, sebab apabila barang yang kita produksi adalah barang yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen maka kita yang akan menaggung kerugiannya. Oleh karena itu kita harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan kita produksi, sehingga kita sebagai produsen tidak menagggung rugi yang berasar atau bahkan kita mampu mendapatkan keuntungan yang banyak dari apa produk yang kita produksi.

2. Berapa?, berapa jumlah produk yang akan kita produksi. Berapa adalah hal yang berkaitan dengan jumlah dan sangat menetukan keuntugan kita sebagai produsen.dalam masalah ekonomi yang ini kita harus memperhitungkan berapa baqrang yang akan kita produksi . karena apabila kita hanya secara langsung memproduksi barang yang banyak tanpa memperhitungkan berapa jumlah yang akan kita produksi , maka kita akan sanagat rentan terhadap kerugian. Cara yang tepat untuk hal iniadalah pertama kita harus meneliti berapa jumlah komsumen yang menyukai produk keripik singkong. Setelah itu kita menghitung dan menganalisa berapa jumlah keripik singkong yang akan kita produsi. Setelah hasil analisa yang kita lakukan benar-benar kita yakini sebagi jumlah produk layak. Maka, segeralah memproduksi produk tersebut, dan teruskanlahhal itu bsamlpai benar-benar produk kita menjadi sesuatu yang disukainoleh banyaka orang.

3. Siapa?, untuk siapa barang yang kita produksi, atau siapa yang akan mengkonsumsi produk yang akan kita buat.untuk menjawab pertanyaan ini kita harus terlebih dahulu menentukan apa, dan berapa produk yang akan kita produksi barulah kita menentukan siapa yang akan mengkonsumsi produk yang kita buat. Karena secara otomatis konsumen akan kita ketahui apabila kita telah mengetahui apa, dan berapa produk yang kita buat dki karenakan sebelumnya secara tidak sadar kita telah melakukan dan menemukan jawaban atas pertanyaan itu.
Tersebut di atas dalah masalah ekonomi yang sekarang ini kita ketahui dalam dunia industri. Namun masih banyak masalah ekonomi yang lainnya yang harus kita ketahui.
Peta konsep tentang analisis ekonomi








Tersebut di atas adalah peta konsep yang sederhana tentang analisis ekonomi yang harus kita lakukan sebelum membuat sebauah produk yang akan di pasarkan.


B. ANALISIS PELUANG PASAR
Peluang adalah kesempatan yang kita miliki untuk melakukan sesuatu yang memungkinkan kita menjadi orang yang sukses. Sedangkan pasar adalah tempat dimana terjadinya sebuah transaksi jual beliantara penjual dan pembeli.
Dalam analisis peluang pasar kita harus mengegtahui bentuka yang seperti apakan pasar yang akan kita jadikan sebagai tempat penjualan produk yang kita buat. Salah satu cara untuk menentukan pasar adalah sebagai berikut ini :
1. Telitilah terlebih dahulu dimana pasar yang akan kita jadikan sebagai sasaran penjualan.
2. ketahuilah bentuk pasar yang akan kita jadikan sebagai sasaran penjualan.
3. setelah kita mengetahui seperti apakah pasar yang kita inginkan. maka langkah selanjutnya adalah. Menentyukan keputusankepada jadi atau tidak kita jadikan pasar tersebut sebagi sasaran untuk penjualan.

Langkan-langkah menentukan peluang pasar adalah sebagi berikut ini :
1. Ketahui seperti apa bentuk pasar.
2. dan berapakan jumlah konsumen yang ada dalam pasar tersebut.

Cirri-ciri pasar persaingan sempuna dan pasar persaigan tidak sempurna
A. pasar persaigan sempurna
1) Banyak penjual.
2) Banyak konsumen
3) Barang yang dijual bersifat homogen.
4) Konsumen mengetahui tentang pasar tersebut.
B. pasar persaingan tidak sempurna
1) Tidak terdapat banyak penjual ( sedikit penjual )
2) Konsumen tidak mengetahui tentang pasar
3) Komsumen sedikit
4) Barang yang dijual bersifat heterogen

Tersebut diatas adalah beberapa cicri-ciri dari pasar yang ada sekarang ini. Dan semua itu telah ada sejak pasar ada sampai sekarang.


PETA KONSEP TENTANG ANALISIS PELUANG PASAR


BAB IV
METODILOGI
A.Peralatan

1) Kompor
2) Pisau
3) Pembelah singkong
4) Pengaduk
5) Wajan ( tempat mengoreng)
6) Tempat minyak bekas
7)
B.Bahan

1) Singkong
2) Minyak goreng
3) Air
4) Cabai
5) Garam
6) Gula merah
7)
D. Cara pembuatan

1) Kupas singkong yang telah disediakan
2) Rendam dengan air agar kotoran yang menepel hilang
3) Belah singkong dengan alat yang telah disediakan untuk membelah singkong menjadi tipis
4) Nyalakan api dikompor
5) Sediakan minyak goreng yang banyak di atas pengorengan dan biarkan minyak tersebut menjadi panas
6) setelah minyak goreng panas masukkan singkong yang telah di kupas dan telah kita belah menjadi tipis.
7) Cara memasukkannya, kita harus memasukkannya secara bergiliran dan jangan sampai kebanyakan adalam memasukkan jumlah singkong kedalam minyak yanmg telah panas. Setelah kita masukkan ,
8) Kita harus mengambilnya dan kitaqv tiriskan agar minyak yang masih ada tidak terlalu banyak bersama keripik yang sudah matang
9) Setelah semua singkong yang dikupas dan telah digoren masak langkan saelanjutnya adalah menyiapkan bumbu yang akan kita campur dengan keripik singkong yang telah masak.
10) Setelah bumbu yang kita siapkan siap untuk dicampur maka langkah selanjutnya adalah mencampur keduanya dan kemudian kita aduk rata, agar bumbu yang kita campur dapat tercampur dengan rata pada setiap keripik singkong yang telah masak.
11) Setelah selesai kita harus menyediakan pelastik atau tempat yang akan kita gunakan sebagai tempat untu menungkus keripik singkong tersebut.
12) Setelah semua keripik singkong dibungkus , maka keripik singkong sudah siap untuk dijual belikan dipasar.

















LAMPIRAN ( DOKUMENTASI )




Singkong yang masih dijual dalam bentuk mentah




Kopor yang digunakan sebagi tempat untuk menyalakan api









Alat yang digunakan sebagi pemotong atau pembelah singkong




Wajan dan panci yang kita gunakan sebagai tempat untuk mengoreng dan sebagi tempat menyimpan sisa minyak




Ini adalah hasil dari pengolahan singkong yang telah siap saji dan siap untuk pemasaran




Tempat pencarian bahan baku keripik singkong
Para komsumen keripik singkong yang sedang mencoba hasil dari keripik singkong kami

PENETUP
Dengan selesainya kegiatan dan proses pembahasan yang kita lakukan , maka kita sebagi seorang siswa beterimakasih kepada bapak guru karena telah memberikan tugas ini sebagi salah satupembelajaran yang sanagt baik demi terciptanya manusia yang berakal yang baik dan memiliki potensi yang baik dalam produksi barang.
Agribisnis merupakan kegiatan usaha yang kompleks yang satu sama lain saling berkaitan membentuk suatu sistem yang berstruktur vertikal yang berintikan pertanian dalam arti luas. Agribisnis merupakan kegiatan ekonomi yang paling dominan di Indonesia dan memiliki strategis. Pengembangan agribisnis dpat memperkokoh struktur perekonomian Indonesia dan dalam jangka pendek dapat membantu mengatasi krisis ekonomi atau membantu pemulihan ekonomi Indonesia dan dalam jangka pendek dapat membantu mengatasi krisis ekonomi atau membantu pemulihan ekonomi Indonesia. Dilihat dari permintaan maupun kemampuan sumberdayanya, agribisnis mempunyai peluang yang baik. Kalau SDM nya dipersiapkan dengan baik, maka peluang tersebut dapat direalisasikan sehingga agribisnis dapat berkembang.
Ada juga yang langsung membayangkan akan memperoleh keuntungan besar karena ada unsur “bisnis” yang terkandung dalam kata agribisnis. Tak jarang pula menganggap bahwa kegiatan agribisnis berkaitan dengan modal besar atau pabrik dengan segala kecanggihan teknologi serta pekerjaan yang penuh presisi dan daya tarik manufaktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar