Sabtu, 23 Oktober 2010

Salak


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr.wrb.

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan penguasa alam semesta. Karena berkat rahmat, karunia dan hidayah-nya saya selaku penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “pengairan dan penyiraman” serta “pemeliharaan” tanaman salak.

Dalam makalah ini, tanaman salak mengharuskan menggunakan metode pengairan dan penyiraman serta pemeliharaan salak, kita juga akan membahas tentang cara-cara penyiraman yang benar.

Atas saran dan kritik yang anda berikan kami mengucapkan banyak terima kasih. Dan semoga semua kegiatan yang baik yang telah kita lakukan mendapat nilai yang baik di mata Allah SWT. Amin.

Wasala’mualaikum. Wr. Wrb.

Sangatta,  Maret 2010


Penulis




DAFTAR ISI




Kata pengantar………………………………………………………………………………………………………………………..1
Daftar isi……………………………………………………………………………………………………………………….............2
Pengairan dan penyiraman………………………………………………………………………………………………………3
Cara pengairan………………………………………………………………………………………………………………………..3
Pemeliharaan……………………………………………………………………………………………………………………………4
Jenis salak…………………………………………………………………………………………………………………………………4
Pemanenan……………………………………………………………………………………………………………………………….5
Pemasaran buah salak..………………………..…………………………………………………………………………………..5
Penutup…………………………………………………………………………………………………………………………………..…6
Daftar pustaka







·         Pengairan dan Penyiraman
Air hujan adalah siraman alami bagi tanaman, tetapi sulit untuk mengatur air hujan
agar sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman. Air hujan sebagian besar akan
hilang lewat penguapan, perkolasi dan aliran permukaan. Sebagian kecil saja
yang tertahan di daerah perakaran, air yang tersisa ini sering tidak memenuhi
kebutuhan tanaman. Dalam budidaya salak, selama pertumbuhan, kebutuhan
akan air harus tercukupi, untuk itu kita perlu memberi air dengan waktu, cara dan
jumlah yang sesuai.
Cara Pengairan yang Tepat
Tiga cara sederhana untuk mengairi tanaman pot dalam ruangan yaitu :
Air diberikan melalui alas pot. Dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam dengan melalui sistem kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu peresapan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke alas pot melewati lubang drainase.
Air diberikan langsung pada media tanam. Pada cara ini air dapat disiramkan langsung pada permukaan media tanam atau juga dapat melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tanaman secara langsung.
Untuk tanaman pot dengan media yang sudah amat kering, pengairan dapat dengan cara merendam pot sampai tenggelam dalam ember yang berisi air dengan catatan tajuk tanaman tidak terendam. Pot segera dikeluarkan lagi dari dalam ember jika gelembung-gelembung tidak muncul lagi dari media tanam.
Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman tanaman adalah di pagi hari sehingga dapat digunakan sepanjang hari.


·         Pemeliharaan
Setelah ditanam di kebun kita buatkan penopang dari bambu atau kayu untuk
menjaga agar tanaman tidak roboh.
Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Tanaman salak ini perdu atau dapat dikatakan hampir tidak berbatang, batang salak berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuhnya berumpun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau diatas tanah membentuk rimpang.
Buah salak berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik, dan terbungkus oleh sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting. Salak itu berumah dua artinya bahwa bunga jantan dan bunga betina terpisah, sehingga untuk penyerbukannya memerlukan bantuan. Penyerbukan dapat terjadi karena ada dengan perantaraan manusia atau angin.
Salak ditanam biasanya untuk dimanfaatkan buahnya, yang terkenal dengan sebutan buah meja. Salak dapat dimakan segar, atau juga dapat dibuat manisan, asinan, dikalengkan atau dikemas sebagai keripik salak. Salak biasanya dijual oleh pedagang kaki lima, warung, toko, supermarket dan lain-lain.

Jenis salak.
Jenis salak yang dibudidayakan / dikebunkan oleh masyarakat banyak macamnya. Adapun salak kita ketahui jenisnya antara lain: salak di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan yang terkenal di Bali. Namun demikian di Jawa ada jenis salak yang rasa buahnya manis, dapat dikatakan tidak ada sepatnya yaitu salak pondoh yang pertama dibudidayakan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Saat ini Salak pondoh sudah dibudidayakan di Seluruh Jawa dan Sumatera, bahkan di Kalimantanpun sudah mulai dibudidayakan.

Pemeliharaan Salak.
Pemeliharaan salak, sebenarnya tidak sulit mengingat salak tanaman yang bisa tumbuh sampai berumur puluhan tahun. Sehingga sekali tanam untuk beberapa tahun, jadi peremajaannya tidak terlalu diperlukan. Salak, tidak begitu perlu pupuk buatan pabrik, tapi cukup dengan pupuk kandang, atau pupuk kompos. Dan pemupukan tidak perlu sering-2, cukup dalam satu tahun 2 kali pemupukan.

Pemanenan Salak.
Pemanenan salak, demikian juga tidak sulit, karena untuk memanen salak itu cukup dengan memeriksa buah yang sudah cukup untuk dipenen, untuk jenis salak pondoh bila dipanen terlalu tua, rasanya kurang enak.

Pemasaran buah salak.
Pemasaran buah salak, biasanya ada tengkulak yang datang ke kebun untuk membeli salak, dan biasanya mereka membelinya dengan cara tunai, yaitu ada barang ada uang. Tidak pernah tengkulak membeli dengan cara hutang. Dan itu semua tergantung kepada pemilik kebun salak dan tengkulaknya.



PENUTUP

                  Dengan selesainya kegiatan dan proses pembahasan yang kita lakukan , maka kita sebagi seorang siswa berterima kasih kepada Bapak guru karena telah memberikan tugas ini sebagai salah satu pembelajaran yang sangat baik demi terciptanya manusia yang berakal yang baik dan memiliki potensi yang baik dalam produksi barang. Selain itu dari permasalahan yang kami bahas dalam materi ini mengenai segala pembahasan tentang salak.
                  Atas partisipasi segala pihak yang ada sangkut pautnya, dalam pembuatan makalah ini kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.
Assalamualaikum wr. Wb.




DAFTAR PUSTAKA

·         www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar