Jumat, 22 Oktober 2010

KTSP


I.   PENDAHULUAN

A.    Rasional

Pemberlakuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan pendidikan dengan diberikannya wewenang kepada sekolah untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan pasal 35 tentang standar nasional pendidikan. Juga adanya tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan yang memacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaiang dengan hasil pendidikan negara-negara maju.
Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, baik dalam penyusunannya maupun pelaksanaannya di sekolah. 
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan  dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan  hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar 

B.  Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

1.   Visi SDN 034
”Terciptanya Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Menjadikan Sekolah yang Berkualitas, Berwawasan Pendidikan dan Lingkungan Hidup, Mandiri, dan Berbudi Luhur serta Sejahtera Berdasarkan Imtaq dan Iptek”.

2.   Misi SDN 034
.  Mengembangkan dan mengelola sekolah meliputi 6 K, 5 T, kelancaran PBM, hubungan masyarakat, disiplin dan supervisi.
.  Melaksanakan upaya peningkatan SDM Guru dan Murid yang ber-Imtaq dan mengusasi Iptek sesuai tugasnya.
ƒ.  Mengintensifkan kegiatan intra kurikuler, ekstra kurikuler dan ko-kurikuler.

3.   Tujuan umum pendidikan SDN 034
.  Siswa beriman dan bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
.  Siswa sehat jasmani dan rohani.
ƒ.  Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
.  Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat, dan kebudayaannya.
.  Siswa kreatif, terampil, dan bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus berdasarkan potensi yang dimilikinya.
C.  Pengertian

1.   Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

2.   Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
           
3.   Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Contoh silabus terdapat pada lampiran

4.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
Contoh rencana pelaksanaan pembelajaran SDN 034 terdapat pada lampiran.






II.  STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.  Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kewarganegaraan   dan kepribadian; ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan.

Struktur kurikulum SDN 034 meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI.

Struktur kurikulum SDN 034 disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

a.       Kurikulum SDN 034 memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
b.      Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan ”IPA terpadu” dan ”IPS terpadu”
c.       Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d.      Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
e.       Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 36 minggu.















STRUKTUR KURIKULUM SDN 034





















Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
I
II
III
IV, V, DAN VI
A.   Mata Pelajaran


1.    Pendidikan Agama
3
2.    Pendidikan Kewarganegaraan
2
3.    Bahasa Indonesia
6
4.    Matematika
6
5.    Ilmu Pengetahuan Alam
4
6.    Ilmu Pengetahuan Sosial
4
7.    Seni Budaya dan Ketrampilan
4
8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
4


B.   Muatan Lokal

1.    Bahasa Inggeris
2


C.   Pengembangan Diri

1.    Pramuka
1


Jumlah
28
30
32
36


B.  Muatan Kurikulum di SDN 034
Muatan kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 1 muatan lokal, dan 1 pengembangan diri.

1.   Mata Pelajaran
Mata Pelajaran di SDN 034 terdiri dari  8 mata pelajaran yaitu :
1.      Pendidikan Agama
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Bahasa Indonesia
4.      Matematika
5.      Ilmu Pengetahuan Alam
6.      Ilmu Pengetahuan Sosial
7.      Seni Budaya dan Ketrampilan
8.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan




2.   Muatan Lokal
Muatan Lokal di SDN 034 terdiri atas:
1.      Bahasa Inggris

3.   Pengembangan Diri
Pengembangan diri di SDN 034 terdiri atas :
1.      Pramuka

4.   Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan Beban Belajar di SDN 034 sebagai berikut :

BEBAN BELAJAR SDN 034




SATUAN PENDIDIKAN
KELAS
SATU
JAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA
(MENIT)
JUMLAH JAM PEMBEL PER MINGGU
MINGGU EFEKTIF PER TAHUN PELAJARAN
WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN
JUMLAH JAM
PER TAHUN
 (@ 60 MENIT)
SD
I s/d III
35
Kelas :
I.   28
II.  30
III. 32
36
Kelas :
I.   1008
II.  1080
III. 1152
jam pembelajaran
Kelas :
I.   35.280 menit
II.  37.800 menit
III. 40.320 menit
Kelas :
I.   588
II.  609
III. 630

IV s/d VI
35
36
36
1296
jam pembelajaran
(45360 menit)
755



5.   Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%.








STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SDN 034
TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007




NO
KOMPONEN
KETUNTASAN BELAJAR

A.









B.


C.



Mata Pelajaran
1.     Pendidikan Agama
2.     Pendidikan kewarganegaraan & kepribadian
3.     Bahasa Indonesia
4.     Matematika
5.     Ilmu Pengetahuan Alam
6.     Ilmu Pengetahuan Sosial
7.     Seni Budaya dan ketrampilan
8.     Pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan

Muatan Lokal
1.     Bahasa Inggeris

Pengembangan Diri
1.     Pramuka



65 %
70 %
65 %
60 %
60 %
65 %
65 %
70 %


60 %


B



6.   Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis terkait.
a.   Kriteria kenaikan kelas
.  Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas/PR, nilai tes tengah semester  dan nilai tes akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran, yang sesuai dengan standart ketuntasan belajar (SKB) di SDN 034.
.  Memiliki rapor di kelasnya masing-masing.
b.   Penentuan kenaikan kelas
.  Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan guru dengan mempertimbangkan SKB, sikap/penilaian/budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
.  Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan Naik Ke Kelas ...
ƒ.  Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang di kelasnya.

7.   Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
a.    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b.   Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c. Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu  pengetahuan dan teknologi; dan
d.  Lulus Ujian Nasional

8.   Penentuan kelulusan
a.   Kriteria kelulusan
      Hasil ujian dituangkan kedalam blangko daftar nilai ujian hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan kriteria sebagai berikut :
.  Memilih rapor kelas VI.
.  Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6,00

b.   Penentuan kelulusan
.  Penentuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap/prilaku/ budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan.
.  Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Sekolah Dasar.
ƒ.  Siswa yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir.



III. KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.





























ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2006/2007

BULAN
SEMESTER

JUMLAH
KEGIATAN
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
HARI
Juli
S  E  M  E  S  T  E  R    I
3
2
2
2
2
2
13
•  17 Juli awal belajar semester I


Agustus
3
5
5
4
4
4
25
•  17 Agustus HUT Kemerdekaan RI
•  21 Isra' mi'raj Nabi Muhamad saw

September
3
3
3
3
4
4
20
•  25 libur awal ramadhan

Oktober
1
1
-
-
-
-
2
•  24, 25 Hari raya Idul Fitri
•  26, 27, 28, 29, 30 Perkiraan libur setelah Idul Fitri


Nopember
4
4
5
5
4
4
26


Desember
3
3
4
4
5
5
24

•  25 hari Raya Natal
•  31 Idul Adha 1427 H

Januari
1
2
2
2
2
1
10
•  1 Tahun Baru 2007
•  2 – 7  Ujian Semester I
•  13 Pembagian Raport Semester I
•  15 – 20 Libur Semester I
•  20 Tahun Baru Islam 1 Muharram 1428 H
JUMLAH
         120










































BULAN
SEMESTER

JUMLAH
KEGIATAN
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
HARI
Januari
S  E  M  E  S  T  E  R    II
2
2
2
1
1
1
9
•  22 Awal Semester II

Pebruari
4
4
4
4
4
4
24


Maret
4
4
4
5
5
5
27
•  19 Hari Raya Nyepi
•  31 Maulid Nabi Muhamad saw

April
5
4
4
4
4
4
25
•  6   Wafat Yesus Kristus

Mei
4
5
5
5
4
4
27
•  17 Kenaikan Yesus Kristus
•  10, 11, 12 dan 14 UAS SD

Juni
2
2
2
2
3
2
13
•  1 Hari Raya Waisak
•  4 – 9 Ujian Semester II
•  16 Pembagian Raport
•  18 Awal Libur Semester II
Juli
 -
 -
 -
 -
 -
 -
0

•  16 - 18 Hari pertama masuk sekolah/MDS 2007-2008

JUMLAH
                    125











Keterangan
- Jumlah jam belajar pertahun = 36 minggu
- Setiap hari Jumat
  • Senam Kesegaran Jasmani
  • Siraman Rohani
  • Kegiatan Pengembangan Diri
Samarinda,  17 Juli 2006
Kepala SDN 034,




SRI LESTARI, S.Pd
NIP.131 206 616





LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      LAMPIRAN I     : SILABUS DAN JARING TEMA  (PADA BUKU II)
2.      LAMPIRAN II    : RENCANA PERSIAPAN MENGAJAR (BUKU III)












LAMPIRAN             


SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.   SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IV SEMESTER 1







STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
1.Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
1.  Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
2.  Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
1.  Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
2.  Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
Denah
2. Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah petunjuk penggunaan suatu alat

1.  Mendeskripsi-kan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Berbicara :
·      Menjelaskan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat runtut.
·      Membaca petunjuk penggunaan alat-alat dan sejenisnya
·      Menjelaskan secara rinci petunjuk penggunaan alat-alat, dan sejenisnya disertai peragaan dengan bahasa yang komunikatif
·      Menceritakan kembali tentang penggunaan alat-alat
·      Membuat percakapan tentang kegunaan alat-alat

·       Petunjuk penggunaan obat, alat dan sejenisnya
3. Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, kata dalam kamus/ensklopedi

1.  Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.

2.  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca.
3.  Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensklopedia melalui membaca memindai
Membaca :
·     Membaca beragam teks dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks sehingga dapat dipahami oleh orang lain
·     Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga, dan sebagainya.
·     Menjawab pertanyaan tentang isi petunjuk
·     Menyampaikan isi petunjuk kepada teman.
·     Menjelaskan isi teks dengan runtut.
·     Mengidentifikasi kata sulit dalam bacaan.
·     Membuat kamus sesuai dengan langkah-langlah yang tepat untuk mencari arti kata.
·     Membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit
·     Menggunakan tanda baca (, . ? !)
·     Membaca pantun
·     Menyempurnakan pantun
·     Membuat pantun

·       Kamus atau Ensklopedia




·       Teks petunjuk pemakaian (misalnya pemakaian obat, pupuk, alat rumah tangga)
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat

1.  Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik).
2.  Menulis petunjuk untuk melkukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu.
3.  Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.
4.  Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)
Menulis :
·     Menentukan isi percakapan
·     Melanjutkan percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya.
·     Menulis petunjuk penggunaan alat atau cara membuat sesuatu.
·     Menggunakan tanda baca yang tepat
·     Mengisi formulir, slip penyetoran atau pengambilan uang di bank
·     Melengkapi bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang sehingga cerita itu menjadi utuh.
·     Mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu
·     Menentukan kalimat utama dalam paragraf
·     Menentukan topik/tema cerita
·     Menulis surat tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan EYD yang tepat (huruf besar, titik, koma dll)

·       Teks percakapan yang belum selesai.

·       Petunjuk pemakaian/penggunaan
·       Cerita yang belum selesai (cerita rumpang)
·       Cerita pengalaman

·       Tanda baca

·       EYD

·       Kalimat pembuka isi dan penutup surat














Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah / lambang korps.

Kompetensi Dasar :
1.1.  Membuat gambar denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
1.2.  Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps.

Alokasi Waktu : 10 x 35 menit





Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Denah
·  Menyimak denah
·  Mendengarkan dan membaca petunjuk denah
·  Menulis isi petunjuk yang disampaikan guru
·      Menyimak penjelasan tentang petunjuk
·      Mencatat isi petunjuk yang didengarnya
·   Tes Tertulis :
Menuliskan letak suatu tempat sesuai dengan petunjuk.
4 x 35’

Gambar denah sekolah

·   Membuat sketsa petunjuk
·   Membuat denah rumah sampai ke sekolah
·       Menjelaskan kembali isi petunjuk untuk mengecek kebenaran
·       Mengikuti petunjuk untuk menemukan suatu tempat
·    Tes Tertulis :
Membuat denah rumah ke sekolah
·    Tes Perbuatan :
Berjalan ke suatu tempat berdasarkan petunjuk
6 x 35’

Gambar denah sekolah ke kelura-han



















2.  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA



Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Aspek
Standar Kompetensi

Waktu
:  Bahasa Indonesia
:  IV / I
:  Mendengar
:  1. Mendengar penjelasan tentang petunjuk denah
       dan simbol daerah     /lambang korps
:  4 x 35”

I.                   KOMPETENSI DASAR
Membuat gambar denah berdasarkan penjelasan yang didengarkan.

II.                INDIKATOR
·         Menyimak penjelasan tentang petunjuk
·         Mencatat isi petunjuk yang didengarnya

III.             MATERI POKOK
Denah

IV.             URAIAN MATERI
a.    Mendengar petunjuk arah yang dibacakan guru.






























U

















B


T













GOR




















S















Jl.Balai Rakyat




GOR


Jl. Pahlawan Revulusi





Jl.BalaiRakyat III



















































































BCA




Hall

SDN Pondok Bambu 15







Bulu tangkis



















SDN Pondok Bambu 14

























































Komplek Dinas Kebersihan









































Lestari siswa SDN Pondok Bambu 14 setelah pulang sekolah ke BCA menabung uangnya. Lestari bersepeda dari SDN Pondok Bambu 14 menuju arah utara, tiba dipertigaan Jl. Balai Rakyat III Lestari belok kekiri ke Jl. Bali Rakyat, sampai pertigaan Jl. Balai Rakyat ia belok ke kiri. Tibalah ia di BCA Jl.Pahlawan Revolusi.
b.      Mencatat petunjuk yang dibacakan guru.

V.                PENGALAMAN BELAJAR (STRATEGI PEMBELAJARAN)
a.   Apresiasi
1.      Menyanyi lagu arah mata angin
2.      Tanya jawab jalan yang dilakukan ketika siswa pergi ke sekolah

b.   Kegiatan inti
1.      Menyimak denah
2.      Mendengar dan membaca petunjuk denah
3.      Menulis isi petunjuk yang didengar

VI.             PENUTUP (TINDAK LANJUT)
·       Kesimpulan
·       Latihan
·       PR

VII.          METODA / SUMBER BELAJAR
a.       Metode
1.      Ceramah
2.      Demonstrasi
3.      Tanya jawab
4.      Diskusi
5.      Inkuini

b.      Sumber Belajar
1.      Gambar denah sekolah
2.      Buku bahasa Indonesia Kelas IV

VIII.       PENILAIAN
a.                              Lisan
1.      Terletak di jalan apakah rumahmu?
2.      Sebutkan nama jalan yang kamu lalui ketika berangkat sekolah!
3.      Menuju ke arah manakah dari rumahmu ke sekolah?
4.      Terletak di jalan apakah sekolahmu?
5.      Menghadap ke arah manakah sekolahmu?

b.      Tertulis
Buatlah gambar denah dari rumahmu ke sekolah dengan benar!

c.                              Skor penilaian
Ketepatan arah                        40
Ketepatan letak                       40
Kerapian                                  20    +
                                              100

                     Mengetahui                                                                  Jakarta,    Juli 2006
      Kepala Sekolah                                                              Guru mata pelajaran
SDN Pondok Bambu 14



              Dra. Dwi Tyas Utami                                                     Dra. Eko Lestariyani MPd                  NIP. 131 463 770                                                                  NIP. 131 438 274      


3.  SILABUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS IV SEMESTER 1








STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK

Mahluk Hidup dan proses kehidupan
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaanya

·     Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
·     Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
·     Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya
·     Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indra

·     Menjelaskan kegunaan rangka
·     Mempraktekan sikap tubuh yang baik untuk menjaga bentuk rangka, misalnya cara duduk, cara berdiri dan cara tidur.
·     Mencari penyakit yang berhubungan dengan rangka
·     Mengidentifikasikan panca indra manusia berdasarkan pengamatan.
·     Menjelaskan kegunaan panca indra (Mata, telinga, hidung, lidah kulit).
·     Mencari informasi tentang kelainan panca indra yang sebabkan oleh kebiasaan buruk, misalnya membaca ditempat yang kurang terang.
·     Memberi contoh car merawat panca indra (Mata, telinga, hidung, lidah kulit).

Struktur organ tubuh manusia
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
·       Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
·       Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
·       Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
·       Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
·      Mengidentifikasi bagian tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.
·      Membandingkan bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, bunga dan daun
Struktur bagian tumbuhan
3. Menggolong-kan hewan, berdasarkan jenis makananya
·       Mengidentifikasikan jenis makanan hewan
·       Menggolong-kan hewan berdasarkan jenis makananya
·     Mengidentifikasi jenis makanan hewan
·     Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (carnivora), dan pemakan segala (Omnivora).
Jenis makanan hewan
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
·       Mendeskripsi-kan daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
·       Menunjukan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
·     Mendeskripsikan urutan daur hidup kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
·     Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
·     Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukan adanya pertumbuhan
Daur hidup hewan dan cara memelihara hewan
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkunganya
·       Mengidentifikasikan beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan ”makan dan dimakan” antara makhluk hidup (rantai makanan)
·       Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkunganya.
·     Mengidentifikasi hubungan khas antar mahlukh hidup (simbiosis), misalnya kupu-kupu, lebah, bunga, tumbuhan parasit dan benalu.
·     Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan makhluk hidup.
·     Mengamati bentuk-bentuk salaing ketergantungan antar hewan dan tumbuhan yang terdekat dilingkungan, misalnya cacing memakan daun-daun busuk dan berguna bagi kesuburan tanah.
·     Menggambarkan hubungan makanan dan dimakan antar makhluk hudup melalui rantai makanan
·     Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi jika lingkungan berubah, misalnya sebagai akibat dari penebangan hutan secara sembarangan
·        
Benda dan sifatnya
6.  Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda berdasarkan sifatnya
·       Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu

·       Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cairàpadatàcair,caiàgasàcair, padatàgasà
·       Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaanya
·     Mengidentifikasikan sifat benda padat, cair dan gas.
·     Mengelompokan benda-benda berdasarkan wujudnya.
·     Mengidentifikasikan perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
·     Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda
·     Memberi contoh perubahan wujud benda
·     Menghidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaanya, misalnya plastik untuk membuat payung.
·     Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu
·     Membandingkan bahan tertentu sesuai sifat dan kegunaanya, misalnya penyerapan air pada berbagai jenis kertas.
·     Membuat daftar berbagai bahan kemasan suatu produk makanan yang dikaitkan dengan sifatnya, misalnya pembungkus permen coklat dari alumunium foil.
·     Membuat daftar berbagai alat rumah tangga yang dihubungkan dengan sifat bahan dan kegunaanya.
·        
















            Mata Pelajaran            :    Ilmu Pengetahuan Alam
            Kelas/Semester           :    IV/Satu
            Standar Kompetensi   :    Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan
            Kompetensi Dasar      :    1.1     Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
                                                    1.2.    Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.
            Alokasi waktu            :    4 x 35 menit





Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Struktur tubuh manusia
·  Mengamati tulang-tulang yang ada didalam tubuh masing-masing dengan cara memukul dengan jari kebagian anggota tubuh yang keras
·  Melaporkan hasil pengamatan dan membuat kesimpulan
·  Mengamati dan membandingkan rangka manusia akan rangka hewan dengan menggunakan gambar
·  Mengamati fungsi rangka manusia dan bagian-bagianya dengan alat peraga atau gambar
·  Membuat kesimpulan
·      Menjelaskan kegunaan rangka
·      Membandingkan fungsi rangka manusia dan rangka hewan
·      Memprakte-kan sikap tubuh yang baik untuk menjaga bentuk rangka misalnya cara duduk, cara berdiri dan cara tidur.
·      Mencari informasi tentang penyakit yang berkaitan dengan rangka
·   Lembar pengama-tan
·   Performan-ce test
·   Test tertulis


4 x 35’

·    Kurikulum KTSP
·    Buku IPA kelas IV
·    Rangka manu-sia
·    Gam-bar rangka manu-sia

·     

·   Membuat sketsa petunjuk
·   Membuat denah rumah sampai ke sekolah
·       Menjelaskan kembali isi petunjuk untuk mengecek kebenaran
·       Mengikuti petunjuk untuk menemukan suatu tempat
·    Tes Tertulis :
Membuat denah rumah ke sekolah
·    Tes Perbuatan :
Berjalan ke suatu tempat berdasarkan petunjuk
6 x 35’

Gambar denah sekolah ke kelurahan



4.    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN
      ALAM SDN PONDOK BAMBU 14



Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Aspek
Standar Kompetensi
Waktu
:  Ilmu  Pengetahuan Alam
:  IV / Satu
:  Rangka Manusia, fungsi dan pemeliharaanya
: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
:  

I.                   KOMPETENSI DASAR
1.         Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaanya serta cara perawatanya.
2.         Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.

II.                INDIKATOR
·            Menjelaskan kegunaan rangka
·            Membandingkan fungsi rangka manusia dan rangka hewan
·            Mempraktekan sikap tubuh yang baik untuk menjaga bentuk rangka misalnya cara duduk, cara berdiri dan cara tidur.
·            Mencari informasi tentang penyakit yang berkaitan denganm rangka.

III.             MATERI POKOK
Rangka manusia

IV.             URAIAN MATERI
1.         Kegunaan rangka
2.         Membandingkan fungsi kerangka tubuh manusia dan kerangka tubuh hewan
3.         Sikap tubuh yang baik
4.         Beberapa penyakit yang berkaitan dengan rangka

V.      PENGALAMAN BELAJAR
A.   Kegiatan awal (persepsi)
Siswa mengamati tulang-tulang yang ada di dalam tubuhnya masing-masing dengan cara memukul dengan jari ke bagian anggota tubuh yang keras.

B.   Kegiatan inti
1.      Siswa mengamati dan membandingkan rangka manusia dan rangka hewan, dengan menggunakan gambar.
2.      Siswa menyebutkan fungsi rangka.
3.      Guru menjelaskan rangka manusia dan bagian-bagianya dengan alat peraga atau gambar.
4.      Dengan bantuan gambar rangka manusia siswa mengamati bentuk tulang dan menunjukan contohnya.
5.      Siswa mencari informasi tentang zat penyusun tulang.
6.      Siswa mengamati sendi dan macam-macam persendian.
7.      Siswa mengamati gangguan pertumbuhan yang dipengaruhi oleh sikap duduk yang tidak benar.
8.      Siswa mengamati rangka hewan dan membandingkanya dengan rangka manusia.
9.      Siswa mengamati bentuk rangka hewan yang ditiru oleh manusia seperti pondasi cakar ayam, pesawat terbang dan kapal selam.
           
VI.   PENUTUP (TINDAK LANJUT)
Siswa membuat kesimpulan tentang rangka manusia, fungsi rangka dan cara memulihkan kesehatan rangka.

VII.METODE/SUMBER BELAJAR
A.   Metode
1.    Informasi
2.    Tanya jawab
3.    Demonstrasi
4.    Diskusi
5.    Inkuiri (penemuan)
B.   Sumber belajar
1.    Kurikulum 2006
2.    Buku IPA kelas IV
3.    Rangka manusia

VIII.       PENILAIAIAN
A.   penilaian produk
1.      Siswa mengamati rangka manusia dan hewan, apakah hewan tersebut dibawah ini memiliki tulang kepala, tulang badan dan tulang anggota gerak.
2.      Siswa mengisi kolom yang kosong dengan membubuhkan tanda þ



NO
NAMA HEWAN
MEMILIKI
TULANG KEPALA
MEMILIKI
TULANG BADAN
MEMILIKI
TULANG ANGGOTA GERAK
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Manusia
Kucing
Katak
Kambing
Ikan
Burung
Belalang
Ayam
Laba-laba
Cicak






2.      Menjawab pertanyaan
1.      Di hewan yang tertulis pada tabel ada yang tidak memiliki tulang kepala ?
2.      Adakah hewan yang tertulis pada tabel adayang tidak mempunyai tulang badan ?
3.      Adakah hewan yang tertulis pada tabel yang tidak mempunyai tulang anggota gerak ?
Buatkan kesimpulan

Prersentase penilaian
·       Ketepatan dan kelengkapan pada pengisisan kolom    
·       Ketepatan menjawab pertanyaan                                  
·       Ketepatan membuat kesimpulan                                    +
                          Jumlah                                               
      

I.              Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, atau d didepan jawaban yang paling benar !
1.             Rangka yang berguna melindungi otak adalah ...
a. tulang tengkorak                                  c. tulang pinggul
b. tulang dada                                          d. tulang rusuk

2.             Paru-paru dan jantung dilindungi oleh ...
a. tulang rusuk dan rahang                       c. tulang dada dan selangka
b. tulang pinggang dan punggung           d. tulang rusuk dan dada

3.             Persambungan tulang yang tidak dapat digerakan terdapat pada ...
a. tulang leher                                           c. tulang lengan
b. tulang kepala                                        d. tulang paha

4.             Di bawah ini adalah fungsi rangka, kecuali ...
a. melindungi bagian-bagian tubuh yang penting
b. tempat melekatnya otot dan daging
c. membentuk tubuh
d. membentuk daging

5.             Berikut ini yang dinamakan tulang angota gerak adalah ...
a. tungkai dan lengan
b. tungkai dan tulang belakang
c. lengan dan leher
d. kepala dan tungkai

6.             Menurut bentuknya, tulang dapat dibedakan seperti dibawah ini, kecuali ...
a. tulang pendek                                       c. tulang pipih
b. tulang panjang                                      d. tulang pipa

7.             Hubungan dua tulang yang dapat digerakan kesegala arah disebut sendi ...
a. peluru                                                   c. engsel
b. putar                                                     d. pelana



8.             Rangka hewan yang ditiru manusia karena kekuatanya menyangga beban berat adalah ...
a. kaki gajah                                             c. kaki ayam
b. kaki kuda                                             d. kaki cicak

9.             Dibawah ini kelompok hewan yang termasuk hewan berkerangka dalam adalah ...
a. laba-laba, kepiting udang
b. kepiting, siput, ikan
c. burung, ayam, kambing
d. kambing, belalang, ikan

10.         Kelainan akibat tulang punggung membungkuk kebelakang disebut ...
a. kifosis                                                   c. rahitis
b. skoliosis                                                d. lordosis


II.           Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.             Otak manusia dilindungi oleh rangka ...
2.             Tulang rusuk berfungsi melindungi ...
3.             Pesawat terbang dibuat berdasarkan tiruan rangka ...
4.             Rangka anggota gerak bawah terdiri dari tulang ...
5.             Berdasarkan zat penyusunya tulang dibedakan menjadi tulang ...  dan ...
6.             Tulang rusuk berjumlah ...
7.             Persambungan tulang yang tidak dapat digerakan terdapat pada ...
8.             Sisik dan sirip ikan merupakan rangka ...  ikan.
9.             Ikan berenang meliukan badanya kearah yang dituju dengan bantuan ...
10.         Kelainan tulang akibat tulang punggung terlalu bongkok kedepan disebut...

III.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !
1.             Secara garis besar rangka manusia dapat dikelompokan menjadi 3 bagian sebutkan !
Jawab _____________________________________________________

2.             Sebutkan 3 macam sendi yang dapat digerakan !
Jawab _____________________________________________________

3.             Sebutksn tiga macam kegunaan rangka !
Jawab _____________________________________________________

4.             Sebutkan 3 macam hewan yang bentuk rangkanya ditiru manusia dalam karyanya membuat peralatan !
Jawab _____________________________________________________



5.             Sebutkan zat-zat yang menyusun tulang.
Jawab _____________________________________________________





Mengetahui
Kepala Sekolah
SDN Pondok Bambu 14




Dra. Dwi Tyas Utami
NIP. 131 463 770
Jakarta,    Juli 2006
Guru mata pelajaran





Dra. Eko Lestariyanti, MPd
NIP. 131438 274




Tidak ada komentar:

Posting Komentar