Jumat, 22 Oktober 2010

Motivasi Belajar(3)


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
  1. Setting Penelitian

. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV (empat) di SDN 004 Sangatta Selatan yang berjumlah 30 orang dan sebagai objek penelitian ini adalah SDN 004 Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur.
  1. Pendekatan Penelitian

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif berpendirian bahwa suatu kebenaran tidak ada yang mutlak, itu sangat kompleks dan tidak ada suatu teori yang dapat menangkapnya.
  1. Penentuan Responden

Responden dalam penelitian ini adalah sbb:
1.      Guru-guru di SDN 004 Sangatta Selatan
2.      Siswa-siswa kelas IV (empat) SDN 004 Sangatta Selatan
  1. Tekhnik Analisis Data

Data yang diperoleh perlu dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Reduksi data
Data yang diperoleh dalam laporan didapat dalam bentuk laporan terinci. Laporan-laporan itu perlu direduksi, dirangkum, dipilih hal-hal yang pokok, difokuskan pada hal-hal penting, dicari tema atau polanya. Jadi laporan lapangan sebagai bahan “mentah” disingkat dan direduksi, disusun lebih sistematis, ditonjolkan pokok yang penting sehingga lebih mudah dikendalikan.
2.      Penyajian data
Dari hasil data yang diperoleh dilapangan dan didapat sekumpulan informasi yang tersusun sehingga mampu memberi adanya penarikan kesimpulan dan mengambil tindakan dari data yang diperoleh, peneliti akan sajikan dalam bentuk uaraian dan menggolongkannya sehingga dapat dilihat taraf kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang.
3.      Mengambil kesimpulan dan verifikasi
Sejak awal peneliti akan berusaha untuk mencari makna data yang dikumpulkan, untuk itu peneliti akan mencari pola, tema, hubunganny, persamaannya, hal-hal yang sering muncul dan sebagainya. Jadi data yang didapat peneliti sejak awal akan mencoba mengambil kesimpulan dan selalu akan diverifikasikan selama penelitian berlangsung maka kesimpulan akan lebih dipercaya.
4.      Pemeriksaan keabsahan data
Agar kebenaran hasil penelitian dapat dipercaya, maka ditempuh dengan beberapa cara yakni dengan pengamatan terus menerus, trianggulasi, membicarakan dengan orang lain, menganalisis kasus negatifnya menggunakan bahan referensi dan mengadakan member chek (Nasution dalam Sugeng).
  1. Jadwal Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar