Jumat, 22 Oktober 2010

APLIKASI STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN


LEMBAR JAWABAN
APLIKASI   STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN


1.  Pengertian dan Jenis Statistika
     Pengertian Statistika :
     Statistika adalah bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara  
     pengumpulan, analisis, dan penafsiran data.

     Jenis Statistika  :

a)      Statistika Deskriptif ialah teknik-teknik statistika yg bertujuan memperoleh gambaran tetang data yang diperoleh.
b)      Statistika. Inferensial  ialah teknik-teknik statistika yg bertujuan menaksir parameter populasi dari data yang diperoleh dari sampel. (menguji hipotesis)
c)      Statistika Parametrik  ialah teknik-teknik analisis statistika yg didasarkan pada model distribusi normal.
d)     Statistika. Nonparametrik ialah teknik-teknik analisis statistika yg tidak didasarkan pada model distribusi tertentu. (distribution free statistics)
e)      Statistika Univariat  ialah teknik-teknik statistika yg hanya melibatkan satu variabel terikat.
f)       Statistika. Multivariat  ialah teknik-teknik statistika yg melibatkan lebih dari satu variabel terikat.

2.   Judul Penelitian : “ Pengaruh motivasi  dan Disiplin Kerja  Terhadap Kinerja  Pegawai
      Dinas  Pendidikan Kota Samarinda Tahun 2008 “
            a.  Jenis Variabel :
                1. Variabel independent  : motivasi dan disiplin kerja
                2. Variabel dependen      : kinerja pegawai dinas pendidikan
            b. Jenis data tiap variable :
                Data pada variable independent maupun dependen termasuk data kualitatif
                karena bukan berupa angka dan tidak dapat dilakukan operasi matematika
            c. Populasi dan sampel pada penelitian tersebut :
                1.   Populasinya adalah seluruh pegawai yang berada pada Kantor Dinas
                      Pendidikan Kota Samarinda
2.      Sampelnya, untuk menghitung sample pada suatu instansi yang belum
      diketahui jumlah personilnya maka peneliti dapat berhipotesis bahwa
      motivasi dan disiplin kerja pegawai paling sedikit 70 % dari tolok ukur ideal
      yang ditetapkan. Untuk itu diperlukan sample sebagai sumber
     datanya.Sampel dapat  dilakukan dengan rumus :
    
             pq
     n  ≥  —               Keterangan :
                             σp²                                      n   =  ukuran sample
                                                                        p   =  prosentase hipotesis yang dinyatakan
                                                                                 dalam peluang  yang besarnya  = 0,50
                                                                        q   =  1 – 0,50 = 0,50
                                                            σp =  perbedaan antara yang ditaksir pada
 hipotesis kerja ( Ha ) dengan hipotesis nol ( Ho ) dibagi z pada tingkat  
 kepercayaan tertentu  misalkan tingkat  kepercayaan 95 %, z = 1,96 maka :

           (  70 %  -  50% )²        
σp² =               ———————   =  0,0104  dengan demikian ukuran sample dengaan
                  (  1,96 )²   
Tingkat kepercayaan 95 % adalah :

        ( 0,50 ) ( 0,50 )
n  =  ——————    =    24,0292 atau  25 orang paling sedikit                  
                           0,0104

d.      Hipotesis yang mungkin :
1.      Terdapat  pengaruh yang positip antara motivasi  dengan  kinerja pegawai  Dinas Pendidikan Kota Samarinda.
2.      Terdapat pengaruh  yang positip antara disiplin kerja dengan kinerja pegawai  Dinas Pendidikan Kota Samarinda
3.      Terdapat pengaruh  yang positip antara motivasi  dan disiplin kerja pegawai secara bersama-sama dengan  kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Samarinda

     e.   Teknik statistika yang digunakan pada penelitian tersebut adalah



3.  Langkah pengembangan instrument. Titik tolak penyusunan adalah variable penelitian
     yang   ditetapkan   untuk   penelitian. Dari   variable    tersebut    diberikan       defenisi
     operasionalnya    selanjutnya    ditentukan   indicator   yang akan diukur. Dari indicator
     kemudian dijabarkan menjadi butir-butir pernyataan.

     Contoh  :  variable penelitiannya “ tingkat kekayaan “
     Maka indicator kekayaan  misalnya rumah, kendaraan, tempat belanja, pendidikan, jenis
     makanan yang sering dimakan, jenis olahraga yang sering dilakukan, tempat liburan.
     Untuk indicator rumah bentuk pertanyaannya : 1. berapa jumlah rumah, 2. dimana letak
     rumahnya, 3. berapa luas rumah masing-masing dan 4. bagaimana kualitas
     bangunannya.

4.
5. Judul Penelitian : “HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN BIMBINGAN WALI KELAS PADA SMA MUHAMMADIYAH TANJUNG REDEB BERAU”

1.      Rumusan Masalah
Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan wali kelas pada SMA Muhammadiyah


2.      Tujuan Penelitian
      a. Tujuan Umum
          Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antar sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan wali kelas SMA Muhammadyah Tanjung Redeb

b. Tujuan Khusus
    1). Mengindetifikasikan prestasi belajar siswa sebelum mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
    2). Mengindentifikasikan prestasi belajar siswa sesudah mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
    3) Mengindentifikasin perbedaan prestasi belajar siswa dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb

3. Hipotesa Penilitian
    a. Hipotesa nol (HO) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
    b. Hiptesa Alternatif (Ha) ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb

Kriteria pengujian hipotesa penelitian dengan tingkat kemakmuran nilai alpha 5 % (0,05) adalah :

1)      Bila nilai p ≤ ά , maka keputusannya adalah Ho di tolak
2)      Bila nilai p > ά , maka keputusannya adalah Ho di terima

4.      Metodologi Penelitian
Desain penelitian yang digunakan adalah Pra-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest .  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
Analisa data terdiri dari :

a. Analisa Univariat
    Prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb, hasil ukurnya adalah nilai Raport siswa yang merupakan data numeric, maka analisa univariatnya menggunakan ukuran tengah tengah dan sebaranya.
 b. Analisa Bivariat
     Analisis bivariat untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb, dalam penelitian ini menggunakan uji statistic yaitu Uji T dependen, karena kedua kelompok data dependen

5.  Hasil Penelitian
            Hasil perhitungan dengan SPSS versi 12 , dengan penjelasan sebgai berikut :

  1. Tabel paired sample statistic

Pada table tersebut menunjukkan nili rata-rata, standar deviasi dan standar error men anatar prestasi belajar siswa  (sebelum mendapatkan  bimbingan). Dan prestasi belajar 2 (sesudah mendapat bimbingan). Rata-rt prestasi belajar siswa  adalah 55,10 denga standar deviasi3,736 dan standar error mean 0,682. Pada prestasi belajar 2 pada prestasi didapat rata-rata belajarnya adalah 75,20 engan standar deviassi 3,357 dan standar error mean 0,613.
  1. Tabel paired sample test

Pada table tersebut menunjukkan nilai perbedaan antara prestasi belajar siswa 1(sebelum mendapat  bimbingan ) dan prestasi belajar 2 (sesuadah mendapat bimbingan ) adalah 0,20100 dengan standar deviasi 1,2423. Perbedaan ini di uji dengan uji t  dependen menghasilkan nilai p yang dapat dilihat pada kolom sig (2-tailed) yaitu p=0,000 maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan anatara sesudah dan sebelum.






                   
                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar