Jumat, 22 Oktober 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SERTIFIKASI GURU NASIONAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD Negeri 004 Sengata Selatan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VI / 1
Pertemuan  ke                         : I
Alokasi waktu             : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi   : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan
                                          keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi dasar       : 1.1 Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan sistim administrasi
                                         wilayah Indonesia.
Indikator                     :
1. Menjelaskan pengertian sistim administrasi wilayah Indonesia.
2. Mengidentifikasi perkembangan jumlah provinsi di Indonesia.
3. Menyebutkan nama provinsi serta ibu kotanya.

I.Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.Menjelaskan sistim administrasi wilayah Indonesia.
2.Mengidentifikasi jumlah provinsi di Indonesia dengan menggunakan peta
3.Mengidentifikasi nama provinsi di Indonesia dengan menggunakan peta atau atlas.
4.Mengidentifikasi wilayah administrasi provinsi-provinsi di Indonesia dengan menggunakan peta.
5.Menyebutkan ibu kota provinsi di Indonesia.

II. Materi Ajar :
Perkembangan sistim administrasi wilayah Indonesia.
Pada awal Indonesia merdeka jumlah provinsi yang terbentuk ada delapan, yaitu Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan.
            Jumlah provinsi di Indonesia semakin berkembang. Hingga tahun 1998, secara keseluruhan terdapat 27 provinsi di Indonesia. Jumlah provinsi ini berkurang pada masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie (22 Mei 1998 – 20 Oktober 1999) karena provinsi Timor-Timur memisahkan diri dari Indonesia. Di masa yang sama juga telah dilakukan pemekaran wilayah Indonesia dengan membentuk dua provinsi baru di Indonesia bagian timur, yaitu Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Irian Jaya Barat.
            Pada masa pemerintahan Presiden K.H. Abdurrahman Wahid, dibentuk tiga provinsi baru melalui keputusan DPR. Ketiga provinsi baru tersebut adalah Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Banten, dan Provinsi Gorontalo.
            Pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri dibentuk Provinsi Riau Kepulauan. Selain itu, pada tanggal 5 Oktober 2004 terbentuk Provinsi Sulawesi Barat dengan ibu kota Mamuju. Pembentukan ini berdasarkan UU No. 26 Tahun 2004.
            Aspirasi usulan pemekaran sejumlah wilayah di Indonesia terus bergulir, misalnya Leuser Antara (Aceh), Cirebon (Jawa Barat), Sumatera Timur (Sumtim), dan Madura (Jatim). Selain beberapa usulan di atas, juga telah dibentuk beberapa kabupaten baru di beberapa provinsi, seperti di Aceh, Riau, dan Papua (Irian).
III. Metode Pembelajaran.
1.      Cermah bervariasi
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Inquiri
5.      Tugas
IV. Langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 5 Menit )
a. Apersepsi :
1. Siswa menyanyikan lagu nasional “ Dari Sabang Sampai Merauke “
2. Bertanya jawab untuk menggali informasi tentang pengetahuan awal siswa mengenai sistim  
    administrasi wilayah Indonesia.
b. Motivasi.
1. Menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran.
2. Menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari .

2. Kegiatan  Inti. ( 50 Menit )
1.Siswa dibagi dalam 5 kelompak yang beranggotakan 7 siswa.
2.Penjelasan singkat tentang sistim administrasi wilayah Indonesia dilanjutkan dengan tanya jawab  
   dalam diskusi kelompok.
3.Tanya jawab tentang jumlah provinsi di Indonesia dan ibu kota setiap provinsi
4.Siswa mencari nama dan wilayah administrasi  provinsi di Indonesia kemudian menunjukkan   
   melalui peta atau atlas.
5.Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok dengan tanggapan dari kelompok lain.
6. Merumuskan simpulan pelajaran hari ini.

3. Penutup ( 15 Menit )
1. Penilaian.
2. Refleksi : Siswa mengungkapan kesan pentingnya mempelajari perkembangan sistim  
    administrasi wilayah Indonesia dan sumber daya alam laut Indonesia.

V. Alat dan Sumber belajar.
1. Buku IPS kelas VI Penerbit Intan Pariwara
2. Buku IPS kelas V  Penerbit Erlangga
3. Peta
4.Atlas Tematik

VI. Penilaian     
1. Teknik Penlaian
    a. Tes Tertulis
    b. Tes Lisan.
2. Bentuk Instrumen.
    a. Tes lisan.
    b. Tes Uraian.

 a. Tes lisan.
1. Sebutkan 3 provinsi yang ada di Pulau Kalimantan dan ibu kotanya.
2. Provinsi Banten adalah pemekaran dari Provinsi…..
3. Cobalah ke depan secara bergantian dan tunjukkan pada peta nama-nama provinsi dimulai
    dari provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Irian Jaya Tengah.
4. Secara bergantian dimulai dari siswa paling depan sebelah kanan mencari dan menunjukkan
    wilayah laut teritorial Indonesia.

b. Tes Uraian.
Tugas I
1. Jelaskan pengertian dari sistim administrasi Indonesia !
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wilayah provinsi !
3. Jelaskan 3 alasan mengapa wilayah Indonesia dibagi menjadi beberapa provinsi !
4. Jelaskan 3 alasan mengapa jumlah provinsi di Indonesia  bertambah dari tahun ke tahun!
  
 Tugas II
1. Tuliskan 3 nama provinsi di Indonesia beserta ibu kotanya !
2. Tuliskan 8 nama  provinsi di Indonesia pada awal kemerdekaan !
3. Tuliskan 3 nama provinsi yang berdiri dari tahun 2000 sampai 2004 beserta ibu kotanya !
   
Pedoman Penskoran
Tugas I







No Soal
Jawaban
Skor setiap jawaban yang benar
Skor Maksimal
1
Tidak Jelas
Sangat Jelas
1
2
2
2
Tidak jelas
Sangat jelas
1
2
2
3
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3

3
4.
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3

3

Benar Semua
10
10
Contoh : Rico memperoleh skor 6, maka nilai Rico adalah (6 x 10) : 10 = 60 : 10 = 6
               maka nilai Rico adalah 6

Tugas II.






No Soal
Jawaban
Skor
Skor Maksimum
1
1 provensi tapi ibu kotanya salah
1 provinsi dan Ibu kotanya benar
2 provinsi tapi ibu kotanya salah semua
2 provinsi dan salah satu ibu kotanya benarnya
2 provinsi dan ibu kotanya benar dua-duanya.
3 provinsi tapi ibu kotanya salah semua
3 provinsi  tapi hanya satu ibu kotanya yang benar
3 provinsi dan dua ibu kotanya benar
3 provinsi dan ibu kotanya benar semua
1
2
2
3

4

3
4

5
6





6
2
1 provinsi
2 provinsi
3 provinsi
4 provinsi
5 provinsi
6 provinsi
7 provinsi
8 provinsi
1
2
3
4
5
6
7
8





8
3
1 provensi tapi ibu kotanya salah
1 provinsi dan Ibu kotanya benar
2 provinsi tapi ibu kotanya salah semua
2 provinsi dan salah satu ibu kotanya benarnya
2 provinsi dan ibu kotanya benar dua-duanya.
3 provinsi tapi ibu kotanya salah semua
3 provinsi  tapi hanya satu ibu kotanya yang benar
3 provinsi dan dua ibu kotanya benar
3 provinsi dan ibu kotanya benar semua
1
2
2
3
4
3
4
5
6





6

Benar semua
20
20
Contoh : Roni memperoleh skor 17, maka nilai Roni adalah ( 17 : 20 ) x 10 =  8,5

Kunci jawaban
  1. Tes Lisan

1.      – Provinsi Kalimantan Timur ibukota Samarinda
– Provinsi Kalimantan Selatan ibukota Banjarmasin
– Provinsi Kalimantan Barat ibukota Pontianak
2.      Jawa Barat
3.      Siswa menunjukkan nama/letak provinsi di peta
4.      Siswa menunjukkan dengan tepat
  1. Tes uraian (alternative jawaban)

·         Tugas I
1.      Sebuah sistem yang mengatur wilayah kedaulatan NKRI
2.      Wilayah atau daerah yang dikepalai Gubernur
3.      Untuk memudahkan pelayanan kepada warga Negara
4.      Adanya semangat desentralisasi
·         Tugas II
1.      – Jawa Timur ibukota Surabaya
– Jawa Tengah ibukota Semarang
– Sulawesi Selatan ibukota Makasar
2.      Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Tumur, Sunda Kecil, Maluku, Sulawesi, Kalimantan.
3.      Bangka Belitung, Gorontalo, Banten.









                                                                                                           
Guru Kelas



ROKHMAN,S.Pd
NIP. 132 244 070

LEMBAR LATIHAN

Jawablah Pertanyaan di  bawah ini dengan benar !

Tugas I
1. Jelaskan pengertian dari sistim administrasi Indonesia !
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wilayah provinsi !
3. Jelaskan 3 alasan mengapa wilayah Indonesia dibagi menjadi beberapa provinsi !
4. Jelaskan 3 alasan mengapa jumlah provinsi di Indonesia  bertambah dari tahun ke tahun!
  
 Tugas II
1. Tuliskan 3 nama provinsi di Indonesia beserta ibu kotanya !
2. Tuliskan 8 nama  provinsi di Indonesia pada awal kemerdekaan !
3. Tuliskan 3 nama provinsi yang berdiri dari tahun 2000 sampai 2004 beserta ibu kotanya !

Selamat mengerjakan, semoga sukses.
   



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD Negeri 004 Sengata Selatan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VI / 1


Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan
                                         keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

Kompetensi Dasar     : 1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan social negara-
                                            Negara tetangga.
Indikator :
1.2.1 Siswa menyebutkan nama negara-negara tetangga Indonesia.negara-negara Asia Tenggara.
1.2.2 Siswa menjelaskan tentang organisasi
1.2.3 Siswa mengidentifikasi kenampakan alam Asia Tenggara.
1.2.4 Siswa membandingkan ciri kenampakan alam Indonesia dengan negara-
         negara tetangga.
1.2.5.Siswa mencari perbedaan dan persamaan kenampakan alam negara-negara di Asia Tenggara.
1.2.6 Siswa mengidentifikasi keadaan social negara Indonesia dengan negara tetangga.
1.2.7 Siswa mengidentifikasi factor penyebab timbulnya gejala social
        dalam  negara Indonesia dan Negara tetangga.
Alokasi waktu            : 3 x pertemuan ( 1 x pertemuan= 2 X 35 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
a.       Menjelaskan nama-nama Negara Asia Tenggara.
b.      Menjelaskan tentang ASEAN.
c.       Menunjukkan pada peta kenampakan alam di Asia Tenggara
d.      Menyebutkan kenampakan alam yang terdapat di Negara Asia Tenggara.
e.       Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam Indonesia.
f.       Mengidentifiksi keadaan social negara di Asia Tenggara.
g.      Mengidentifikasi perbedaan kenampakan alam Negara-negara tetangga
h.      Menemutunjukkan persamaan kenampakan alam Negara tetangga
i.        Mengidentifikasi perbedaan keadaan sosial Negara Indonesia dengan tetangga
j.        Mengidentifikasi gejala sosial positif dan  negative dalam negara Indonesia
k.      Mengidentifikasi gejala social yang terjadi di negara tetangga.
l.        Mengidentifikasi penyebab faktor timbulnya gejala social .
m.    Mengidentifikasi sikap timbulnya gejala-gejala social dalam keluarga.

B.Materi Pembelajaran
1. Kenampakan alam dan keadaan social negara tetangga Indonesia
2. Kawasan Negara-negara Asia Tenggara dan ASEAN

C. Metode

1.      Ceramah bervariasi, digunakan untuk menjelaskan secara singkat tentang materi pembelajaran setiap pertemuan.
2.      Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk materi tentang cirri-ciri kenampakan alam Indonesia dan Negara-negara tetangga Indonesia, keadaan social Negara tetangga Indonesia, persamaan Negara dan perbedaan kenampakan alam Negara Asia Tenggara, gejala social, faktor penyebab timbulnya gejala social dan sikap terhadap timblnya gejala social.
3.      Inquiri digunakan untuk mencari dan menunjukan negara-negara yang ada di Asia Tenggara beserta ibu kotanya
4.      Penugasan digunakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperluas materi pembelajaran diluar jam pelajaran d sekolah.


D. Langkah-langkah Pembelajaran
            Pertemuan I
1.      Pendahuluan ( 5 menit )
a. Apersepsi :
1.      Bercerita dengan singkat tentang Negara-negara di Asia Tenggara
2.      Tanya jawab untuk menggali informasi tentang materi pembelajaran.
           b. Motivasi.
1.      Menyampaikan materi pembelajaran
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
   2. Kegiatan Inti. ( 50 menit )
1.      Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4 siswa.
2.      Penjelasan singkat tentang nama negara-negara di Asia Tenggara diselingi dengan tanya jawab.
3.      Siswa ditugaskan dalam kelompok untuk mencari nama-nama Negara Asia Tenggara serta ibu kotanya dengan menggunakan peta atau atlas.
4.      Siswa mendiskusikan tentang berdirinya ASEAN.
5.      Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas dilanjutkan dengan tanggapan dari kelompok lain.
6.      Guru dan siswa melaporkan hasil diskusinya.
3. Penutup ( 15 menit )
       1. Penilaian
       2. Refleksi : siswa menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang sudah dipelajari atau
                           menyampaikan kritik dan sarana tentang pembelajaran yang sudah selesai.

Pertemuan kedua ( 2 x 35 menit.)

1.      Pendahuluan ( 5 menit )
a. Apersepsi :
1.      Bercerita dengan singkat tentang Negara-negara di Asia Tenggara
2.      Tanya jawab untuk menggali informasi tentang materi pembelajaran.
           b. Motivasi.
1.      Menyampaikan materi pembelajaran
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  2. Kegiatan Inti. ( 50 menit )
1.      Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4 siswa.
2.      Siswa ditugaskan dalam kelompok untuk mencari kenampakan alam yang ada di Asia Tenggara dalam peta atau atlas.
3.      Secara kelompok siswa menyelesaikan tugas dengan rincian :
a.        mendiskusikan tentang cirri-ciri kenampakan alam Indonesia dan Negara tetangga Indonesia
b.      mendiskusikan tentang perbedaan dan persamaan kenampakan alam Asia Tenggara,
c.       kelompok tiga mendiskusian  gejalah social Asia Tenggara,
4.      Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dilanjutkan dengan kelompok lain.
5.      Guru dan siswa merumuskan kesimpulan pelajaran.



3. Penutup ( 15 menit )
       1. Penilaian
       2. Refleksi : siswa menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang sudah dipelajari atau
                           menyampaikan kritik dan sarana tentang pembelajaran yang sudah selesai.

Pertemuan ketiga ( 2 x 35 menit. )
1.      Pendahuluan ( 5 menit )
a. Apersepsi :
1.      Bercerita dengan singkat tentang Negara-negara di Asia Tenggara
2.      Tanya jawab untuk menggali informasi tentang materi pembelajaran.
           b. Motivasi.
1.      Menyampaikan materi pembelajaran
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  2. Kegiatan Inti. ( 50 menit )
  1. Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4 siswa.

  2. Siswa secara berkelompok mencari gejala social yang terjadi di Asia Tenggara di perpustakaan.

  3. Siswa melaporkan hasil kerja kelompoknya di lanjutkan dengan tanggapan dari kelompok lain.




  1. Guru dan siswa merumuskan kesimpulan pelajaran.

   3. Penutup ( 15 menit )
       1. Penilaian
       2. Refleksi : siswa menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang sudah dipelajari atau
                           menyampaikan kritik dan sarana tentang pembelajaran yang sudah selesai.

 E. Sumber dan Media Pembelajaran.
1.      Buku IPS Kelas 6 halaman…………………. Penerbit Intan Pariwara
2.      Buku IPS Kelas 6 halaman …………………. Penerbit Erlangga.
3.      Peta
4.      Globe
5.      Atlas
6.      Media cetak

F. Penilaian
     1. Teknik penilaian
  • Tes lisan

  • Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
·         Isian
·         Uraian
·         Tugas Kelompk
     3. Soal Instrumen.

a. Pertanyaan lisan
1. Sebutkan 5 negara di Asia Tenggara
2. Negara terluas di Asia Tenggara adalah….
3. Coba tunjukkan kenampakan alam yang ada Asia Tenggara pada peta !
4. Gunung Kinabalu terdapat di Negara…..
5. Sungai terpanjang di Asia Tenggara adalah…
6. Dataran rendah Menam Chaopraya terletak di negara….
7. Negara di Asia Tenggara yang memiliki kesaamaan kenampakan alam adalah negara….
8. Salah satu gejala social yang terjadi di Negara-negara Asia Tenggara adalah….
9. Salah satu faktor penyebab timbulnya kemiskinan di Indonesia adalah….
10. Sikap kita terhadap gejala social yang muncul di Negara Asia Tenggara adalah…


b. Tes Isian dan Uraian

Tugas I ( Pertemuan I )
1.      Tuliskan 5 negara yang terdapat di Asia Tenggara dan ibu kotanya !
2.      Tuliskan Negara-negara pelopor ASEAN !
3.      Tuliskan 3 bentuk kerja sama ASEAN !
4.      Tuliskan 2 negara kepulauan yang terdapat di Asia Tenggara !

Tugas II. ( Pertemuan II )
1.      Tuliskan 3 ciri-ciri kenampakan alam yang ada di Indonesia !
2.      Tuliskan 3 kenampakan alam di Asia Tenggara yang terkenal !
3.      Gunung tertinggi di Asia Tenggara adalah…
4.      Sungai Mekong terletak di negara….
5.      Danau Tonle Sap terletak di negara…
6.      Pegunungan Annam terletak di negara…

Tugas III ( Pertemuan III )
  1. Tuliskan 4 gejala social yang terjadi di Asia Tenggara !

  2. Gejala social yang muncul karena tidak berfungsinya lembaga ekonomi dengan baik adalah….

  3. Tuliskan 2 cara mengatasi kejahatan !

  4. Tuliskan 3 contoh pencemaran !



Tugas IV ( Tugas PR Pertemuan III )
1.      Jelaskan 2 alasan mengapa  kependudukan di Indonesia menjadi masalah social yang perlu di waspadai ?
2.      Tuliskan tiga masalah social yang perlu diwaspai di Indonesia !
3.      Tuliskan tiga masalah yang muncul apabila pertumbuhan penduduk semakin pesat !
4.      Tuliskan dua  usaha meningkatkan mutu penduduk !
                                   
Pedoman Penyekoran
Tugas I







No Soal
Jawaban benar
Skor setiap jawaban benar
Skor Maks









1
1 negara dan ibu kotanya salah
1 negara dan ibu kotanya benar
2 negara dan ibu kotanya salah semua
2 negara dan satu ibu kotanya benar
2 negara dan ibu kotanya benar semua
3 negara dan ibu kotanya salah semua
3 negara dan satu ibu kotanya benar
3 negara dan dua ibu kotanya benar
3 negara dan ibu kotanya benar semua
4 negara dan ibu kotanya salah semua
4 negara dan satu ibu  kotanya benar
4 negara dan dua ibu kotanya benara
4 negara dan tiga ibu kotanya benar
4 negara dan semua ibu kotanya benar
5 negara dan ibu kotanya salah semua
5 negara dan satu ibu kotanya benar
5 negara dan dua ibu kotanya benar
5 negara dan tiga ibu kotanat benar
5 negara dan empat ibu kotanya benar
5 negara dan ibu kotanya benar semua
1
2
2
3
4
3
4
5
6
4
5
6
7
8
5
6
7
8
9
10









10


2
1 negara pelopor
2 negara pelopor
3 negara pelopor
4 negara pelopor
5 negara pelopor
1
2
3
4
5


5

3
1 bentuk kerj sama ASEAN
2 bentuk kerja sama ASEAN
3 bentuk kerja sama ASEAN
1
2
3

3
4
1 negara
2 negara
1
2
2
Jumlah
Jawaban benar semua
20
20
Contoh : Roson memperoleh skor 17, maka nilai Roson adalah (17 x 10) : 20 = 170 : 20 = 85

Tugas II 









No Soal
Jawaban benar
Skor
Skor Maksimal
1
1 jawaban yang benar
2 jawaban yang benar
3 jawaban yang benar
1
2
3

3
2
1 jawaban yang benar
2 jawaban yang benar
3 jawaban yang benar
1
2
3

3
3
Jawabannya benar
1
1
4
Jawabannya benar
1
1
5
Jawabannya benar
1
1
6
Jawabannya benar
1
1
Jumlah
Jawaban  benar semua
10
10
Contoh : Luke memperoleh skor 6, maka nilai Luke adalah adalah 6 x 10 = 60.





  Tabel Penilaian diskusi








No
Nama Siswa
Kerja sama
Penguasaan materi
Keaktipan
Jumlah
Rata-rata
1






2






3






4






5
Jlh nilai kelompok









Tugas III








No
Jawaban yang benar
Skor
Skor Maksimun
1
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
1
2
3
4


4
2
Jawabannya benar
1
1
3
1 jawaban benar
2 jawaban benar
1
2
1
2
4
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3
1
2
3

Semua jawaban benar
10
10

Cntoh, Purwanto memperoleh skor 5, maka nilai Purwanto adalah 5 x 10 = 50

Tugas IV







No Soal
Jawaban yang benar
Skor
Skor Maksimum
1
1 jawaban yang benar
2 jawaban yang benar
1
2
2
2
1 jawaban yang benar
2 jawaban yang benar
3 jawaban yang benar
1
2
3

3
3
1 jawaban yang benar
2 jawaban yang benar
3 jawaban yang benar
1
2
3

3

1 jawaban yang benar
2 jawaban yang benar
1
2
2
Jumlah
Semua jawaban benar
10
10
Contoh : Ruth memperoleh skor 8, maka nilai Ruth adalah = 8

Tugas Portofolio.
Carilah informasi melalui media cetak tentang peristiwa TKI dan TKW yang ada di Malyasia kemudian uraikanlah pendapatmu tentang hal tersebut.



Mengetahui
Pengawas TK/ SD                                                                               Guru Kelas




H. ABD. RAHMAN MALLU ,S.Pd                                               ROKHMAN,S.Pd
NIP.                                                                                                    NIP. 132 244 070






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD Negeri 004 Sengata Utara Selatan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VI / 1


Standar Kompetensi   : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan
                                         keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi dasar       : 1.3 Siswa mampu mengidentifikasi benua-benua.
Indikator :
1.3.1 Siswa menyebutkan nama-nama benua di dunia.
1.3.2 Siswa menemutunjukkan letak benua dengan menggunakan peta/ atlas/ globe
1.3.3 Siswa mengidentifikasi Negara-negara yang adan di setiap benua
1.3.4 Siswa mengidentifikasi cirri-ciri kenampakan alam di setiap benua
1.3.5 Siswa membuat gambar peta benua.
Alokasi Waktu           : 5 X pertemuan { @ 2 x 35 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
     Setelah pembelajaran selesai siswa diharapkan  :
1.      Siswa dapat menyebutkan nama-nama benua di dunia.
2.      Siswa dapat menemukan letak benua dengan menggunakan peta/atlas/globe
3.      Siswa dapat menunjukkan letak benua dengan menggunakan peta/atlas/globe
4.      Siswa dapat menyebutkan batas-batas setiap benua.
5.      Siswa dapat mengelompokkan Negara-negara yang ada di setiap benua
6.      Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Asia
7.      Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Eropa
8.      Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Afrika
9.      Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Amerika
10.  Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Australia.
11.  Siswa dapat mempraktekkan membuat gambar peta salah satu benua di dunia.

B. Materi Pembelajaran
    Mengenal Dunia

C. Metode
  1. Ceramah bervariasi digunakan untuk memperkenalkan materi baru, penjelasan singkat tentang pembelajaran setiap pertemuan.

  2. Tanya Jawab digunakan untuk mengadakan tanya jawab tentang materi yang diajarkan pada setiap pertemuan.

  3. Diskusi digunakan untuk mendiskusikan tentang kenampakan alam yang ada di setiap benua di dunia.

  4. Inquiri dan pengamtan digunakan mencari dan menunjukkan letak benua dan batas-batasnya dengan menggunakan peta.


D. Langkah-Langkah Pembelajaran.
1. Pendahuluan.
   a. Apersepsi :
            Tanya jawab tentang materi pembelaran yang lalu.
  b. Motivasi.
            1. Menyampaikan materi pembelajaran
            2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti.
  1. Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4 siswa.

  2. Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati peta benua

  3. Setiap kelompok menuliskan benua-benua di dunia, batas-batasnya serta negara-negara yang terdapat di setiap benua.

  4. Masing-masing kelompok diberi tugas yang berbeda yakni :

a. Kelompok I tentang kenampakan alam Benua Asia
b. Kelompok II tentang kenampakan alam Benua Afrika
c. Kelompok III tentang kenampakan alam Benua Eropa
d. Kelompok IV tentang kenampakan alam Benua Australia
e. Kelompok V tentang kenampakan alam Amerika
  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya dilanjutkan dengan tanggapan dari kelompok lain.

  2. Siswa ditugaskan untuk membuat gambar peta benua dengan rincian tugas :

a.       Kelompok I menggambar peta Benua Asia
b.      Kelompok II menggambar peta Benua Afrika
c.       Kelompok III menggambar peta Benua Eropa
d.      Kelompok IV menggambar peta Benua Australia
e.       Kelompok V menggambar peta Benua Amerika
  1. Siswa dan guru merumuskan kesimpulan pembelajaran pada setiap pertemuan.

3. Penutup.
1. Penilaian.
2. Refleksi : Siswa mengungkapan kesan pentingnya mengenal dunia secara umum.

E. Sumber dan Media Pembelajaran.
1.Buku IPS Kelas 6 Penerbit Intan Pariwara halaman…..
2.Buku IPS Kelas 6 Penerbit Erlangga halaman
3.Peta
4.Globe
5.Atlas
6.Media cetak

F. Penilaian
1. Teknik penilaian
  • Tes lisan

  • Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
·         Isian
·         Uraian
·         Tugas Kelompk
     3. Soal Instrumen.

a. Tes lisan.
1. Benua terluas di dunia ini adalah….
2. Sebelah utara benua Eropa berbatasan dengan ….
3. Negara India terletak di benua…
4. Amerika Serikat Ibu kotanya adalah…
5. Gurun Sahara terdapat di benua…
6. Sungai Amazon terlatak di negara…
7. Penggunungan terpanjang di Australia adalah….
8. Danau Kaspia merupakan batas antara benua… dengan benua…
9. Amsterdam adalah ibu kota negara…
10. Australia terbagi atas…. Negara bagian.
b. Tes tertulis
 Tugas I.
1.      Tuliskan lima nama benua di dunia !
2.      Benua yang terkecil di dunia adalah….
3.      Luas Benua Asia adalah …km sedangkan luas Benua Australia adalah…..km
4.      Benua yang merupakan satu daratan dengan Benua Asia adalah benua…
5.      Benua yang menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan adalah benua adalah benua

Tugas II.
Perhatikan peta atau atlas kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Benua Asia dengan Benua Eropa dibatasi pegunungan…
2. Sebelah utara Benua Eropa berbatasan dengan….
3. Sebelah timur Benua Amerika terdapat Samudra….
4. Sebelah utara Benua Afrika terdapat laut….
5. Sebelah selatan Benua Asia terdapat Samudra….
6. Sebelah timur Benua Asia berbatasan dengan….
7. Sebelah barat Benua Australia berbatasan dengan…
8. Sebelah barat Benua Eropa berbatasan dengan….
9. Sebelah timur Benua Afrika berbatasan dengan ….
10. Sebelah barat Benua Amerika berbatasan dengan….

Tugas III.
1. Tuliskan 4 contoh Negara yang terdapat di Benua Eropa
2. Tuliskan 4 contoh Negara yang terdapat di Benua Amerika
3. Tuliskan 4 contoh Negara yang terdapat di Benua Afrika
4. Tuliskan 4 contoh Negara yang terdapat di Asia Timur
5. Tuliskan 4 contoh negara yang terdapat di Eropa Barat

Tugas IV.
1. Pegunungan terpanjang di dunia adalah pegunungan….
2. Sungai terpanjang di dunia adalah….
3. Gurun terluas di dunia adalah gurun….
4. Gunung tertinggi di dunia adalah gunung….
5. Dataran tinggi yang dijuluki Atap Dunia adalah dataran tinggi…
6. Danau terluas di dunia adalah danau…
7. Gurun Kalahari terdapat di negara….
8. Gunung yang dianggap suci orang-orang Jepang adalah gunung….
9. Sungai Amazon bermuara di….
10. Laut yang memiliki kadar garam tertinggi di dunia adalah laut….

c. Tugas Kelompok.
Tugas I.
Amatilah peta atau atlas bersama dengan anggota kelompokmu kemudian tuliskan nama-nama benua yang terdapat di dunia, tentukan juga batas-batasnya dan tulislah negara-negara yang terdapat di setap benua.

 Tugas II.
Diskusikanlah bersama dengan anggota kelompokmu sesuai dengan tugas kelompoknya masing-masing dan presentasikanlah didepan kelasmu. Tugas kelompok  :
a. Kelompok I mendiskusikan tentang kenampakan alam Benua Asia
b. Kelompok II mendiskusikan tentang kenampakan alam Benua Afrika
c. Kelompok III mendiskusikan tentang kenampakan alam Benua Eropa
d. Kelompok IV mendiskusikan tentang kenampakan alam Benua Australia
e. Kelompok V mendiskusikan tentang kenampakan alam Amerika
Tugas III.
Buatlah peta tentang benua di dunia sesuai tugas kelompoknya.

f.       Kelompok I menggambar peta Benua Asia
g.      Kelompok II menggambar peta Benua Afrika
h.      Kelompok III menggambar peta Benua Eropa
i.        Kelompok IV menggambar peta Benua Australia
j.        Kelompok V menggambar peta Benua Amerika

Pedoman Penyekoran.
Tugas .I









No Soal
Jawaban Yang Benar
Skor Setiap Jawab benar
Skor Maks
1
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
5 jawaban benar
1
2
3
4
5


5
2
Jawaban benar
1
1
3
1 jawaban benar
2 jawaban benar
1
2
2
4
Jawaban benar
1
1
5
Jawaban benar
1
1

Semua jawaban benar
10
10

Contoh: Rumimpi memperoleh skor 6, maka nilai Rumimpi adalah 6 X 10 = 60




Tugas II














No Soal
Jawaban benar
Skor setiap jawaban
Skor Maksimum
1
Jawabannya benar
1
1
2
Jawabannya benar
1
1
3
Jawabannya benar
1
1
4
Jawabannya benar
1
1
5
Jawabannya benar
1
1
6
Jawabannya benar
1
1
7
Jawabannya benar
1
1
8
Jawabannya benar
1
1
9
Jawabannya benar
1
1
10
Jawabannya benar
1
1

Semua jawaban benar
10
10
 Contoh, Hermanto memperoleh skor 7, maka nilai Hermanto adalah 7 X 10 = 70







Tugas III.








No Soal
Jawaban Benar
Skor setiap jawaban
Skor Maksimum
1
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
1
2
3
4

4
2
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
1
2
3
4

4
3
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
1
2
3
4

4
4
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
1
2
3
4

4
5
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
1
2
3
4

4

Jawaban benar semua
20
20

Contoh, Sumanto memperoleh skor 16, maka nilai Sumanto adalah (16 : 20) x 10 = 8

Tugas IV.













No Soal
Jawaban benar
Skor setiap jawaban
Skor Maksimum
1
Jawabannya benar
1
1
2
Jawabannya benar
1
1
3
Jawabannya benar
1
1
4
Jawabannya benar
1
1
5
Jawabannya benar
1
1
6
Jawabannya benar
1
1
7
Jawabannya benar
1
1
8
Jawabannya benar
1
1
9
Jawabannya benar
1
1
10
Jawabannya benar
1
1

Semua jawaban benar
10
10
Contoh, Sumantri memperoleh skor 8, maka nilai Sumantri adalah 8 x 10 = 80




Mengetahui
Pengawas TK/ SD                                                                               Guru Kelas




H. ABD. RAHMAN MALLU ,S.Pd                                               ROKHMAN,S.Pd
NIP.                                                                                                    NIP. 132 244 070
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD Negeri 004 Sengata Selatan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VI / 1


Standar Kompetensi   : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan
                                         keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi dasar       : 1.3 Siswa mampu mengidentifikasi benua-benua.
Indikator :
1.3.1 Siswa menyebutkan nama-nama benua di dunia.
1.3.2 Siswa menemutunjukkan letak benua dengan menggunakan peta/ atlas/ globe
1.3.3 Siswa mengidentifikasi negara-negara yang ada di setiap benua
1.3.4 Siswa mengidentifikasi cirri-ciri kenampakan alam di setiap benua
Alokasi Waktu           : 1 X pertemuan ( @.2 x 35 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
     Setelah pembelajaran selesai siswa diharapkan  :
1. Siswa dapat menyebutkan nama-nama benua di dunia.
2. Siswa dapat menemukan letak benua dengan menggunakan peta/atlas/globe
3. Siswa dapat menunjukkan letak benua dengan menggunakan peta/atlas/globe
4. Siswa dapat menyebutkan batas-batas setiap benua.
5. Siswa dapat mengelompokkan Negara-negara yang ada di setiap benua
6. Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Asia
7. Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Eropa
8. Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Afrika
9  Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Amerika
10.Siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam di Benua Australia.

B. Materi Pembelajaran
1.      mengenal Dunia
2.      letak dan batas-batas benua.
3.      negara-negara yang ada di setiap benua.

C. Metode
1.      Ceramah bervariasi digunakan untuk memperkenalkan materi baru, penjelasan singkat tentang pembelajaran setiap pertemuan.
2.      Tanya Jawab digunakan untuk mengadakan tanya jawab tentang materi yang diajarkan pada setiap pertemuan.
3.      Diskusi digunakan untuk mendiskusikan tentang kenampakan alam yang ada di setiap benua di dunia.
4.      Inquiri dan pengamatan digunakan mencari dan menunjukkan letak benua dan batas-batasnya dengan menggunakan peta.

D. Langkah-Langkah Pembelajaran.
            Pertemuan I. ( 2 X 35 Menit )
1. Pendahuluan. ( 5 menit )
   a. Apersepsi :
            Tanya jawab tentang materi pembelajaran yang lalu.
  b. Motivasi.
            1. Menyampaikan materi pembelajaran
            2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti. ( 55 menit )
1.      Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4 siswa.
2.      Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati peta benua
3.      Setiap kelompok menuliskan benua-benua di dunia, batas-batasnya serta negara-negara yang terdapat di setiap benua.
4.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya dilanjutkan dengan tanggapan dari kelompok lain.



5.      Siswa dan guru merumuskan kesimpulan pembelajaran.
6. Guru memberikan tugas PR

3. Penutup. ( 10 menit )
1. Penilaian.
2. Refleksi : Siswa mengungkapan kesan pentingnya mengenal dunia secara umum.
Pertemuan II.
1. Pendahuluan. ( 5 menit )
   a. Apersepsi :
            Tanya jawab tentang materi pembelajaran yang lalu.
  b. Motivasi.
            1. Menyampaikan materi pembelajaran
            2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti. ( 55 menit )
1.      Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4 siswa.
2.      Masing-masing kelompok diberi tugas yang berbeda yakni :
a. Kelompok I tentang kenampakan alam Benua Asia
b. Kelompok II tentang kenampakan alam Benua Afrika
c. Kelompok III tentang kenampakan alam Benua Eropa
d. Kelompok IV tentang kenampakan alam Benua Australia
e. Kelompok V tentang kenampakan alam Amerika
3.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya dilanjutkan dengan tanggapan dari kelompok lain.
4.      Guru dan siswa merumuskan kesimpulan pelajaran.
5.      Guru memberikan tugas PR
3. Penutup. ( 10 menit )
1. Penilaian.
1. Teknik penilaian
  • Tes lisan

  • Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
·         Isian
·         Uraian
·         Tugas Kelompk
     3. Soal Instrumen.
2. Refleksi : Siswa mengungkapan kesan pentingnya mengenal dunia secara umum.
E. Sumber dan Media Pembelajaran.
1.Buku IPS Kelas 6 Penerbit Intan Pariwara halaman…..
2.Buku IPS Kelas 6 Penerbit Erlangga halaman
3.Peta
4.Globe
5.Atlas
6.Media cetak

F. Penilaian
1. Teknik penilaian
  • Tes lisan

  • Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
·         Isian
·         Uraian
·         Tugas Kelompk

Soal tes isian
1.      Pegunungan himalayah terdapat di benua....
2.      Gurun terluas di dunia adalah gurun...
3.      Sungai terpanjang di Asia adalah sungai...
4.      Danau terluas di dunia adalah danau...
5.      Dataran tinggi yang dijuluki atap dunia adalah ….

Kunci.
1.      himalayah
2.      sahara
3.      Yang Tse
4.      kaspia
5.      dataran tinggi pamir.

Pedoman Penyekoran.








No Soal
Jawaban
Skor
Skor Maks
1
Jika jawaban benar
1
1
2
Jika jawaban benar
1
1
3
Jika jawaban benar
1
1
4
Jika jawaban benar
1
1
5
Jika jawaban benar
1
1

Jumlah
5
5
Contoh, Joni memperoleh skor 4, maka nilai Joni adalah 4 x 2 = 8.

. E. Sumber dan Media Pembelajaran.
1.Buku IPS Kelas 6 Penerbit Intan Pariwara halaman…..
2.Buku IPS Kelas 6 Penerbit Erlangga halaman
3.Peta
4.Globe
5.Atlas
6.Media cetak

F. Penilaian
1. Teknik penilaian
  • Tes lisan

  • Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
·         Isian
·         Uraian
·         Tugas Kelompk


a. Tes isian
Soal
1. Benua terluas di dunia  adalah….
2. Sebelah utara benua Eropa berbatasan dengan ….
3. Sebelah timur Asia terdapat samudra....
4. Benua Amerika sebela utara berbatasan dengan...
5. Benua Afrika dibagi atas ... bagian.
6. Negara India terletak di benua…
7. Amerika Serikat Ibu kotanya adalah…
8. Belanda termasuk Eropa bagian...
9. Mesir terletak di benua Afrika bagian...
10. New South Wales ibu kotanya…
 Kunci Jawaban
1. Asia
2. Laut es utara
3. samudra pasifik.
4. laut es utara
5. 5 bagian
6. Asia
7. Washington DC
8. Barat
9. Utara
10. Sydney

Pedoman Penskoran













No soal
Jawaban
Skor
Skor Maks
1
benar
1
1
2
benar
1
1
3
benar
1
1
4
benar
1
1
5
benar
1
1
6
benar
1
1
7
benar
1
1
8
benar
1
1
9
benar
1
1
10
benar

1

Jumah
10
10
Contoh; Roy memperoleh skor 6, maka nilaia Roy adalah 6.

b. Uraian
 Tugas
1.      Tuliskan lima nama benua di dunia !
2.      Benua yang terkecil di dunia adalah….
3.      Tuliskan batas benua Amerika sebela timur, selatan dan barat
4.      Benua yang merupakan satu daratan dengan Benua Asia adalah benua…
5.      Tuliskan Negara-negara yang terdapat di Asia Timur.
Kunci Jawaban.
1. a. Asia         b. Amerika                  c. Australia                  d. Afrika                     e. Eropa.
2. Asia
3.  Sebela timur : samudra atlantik
    Sebela selatan : selat drake dan samudra pasifik
    Sebela barat    : samudra pasifik.
4. Eropa
5. a. RRC   b. Jepang , c.Korea Selatan d. Korea Utara         e. Taiwan.

Pedoman Penskoran.








No Soal
Jawaban benar
Skor
Skor Maksimal.
1
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
5 jawaban benar
1
2
3
4
5


5
2
Jawaban benar
1
1
3
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
1
2
3
4


4
4.
Jawaban benar
1
1
5
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
4 jawaban benar
5 jawaban benar
1
2
3
4
5


5

Jumlah
15
15

Contoh . Rudi memperoleh skor 12, maka nilai Rudi adalah 12 : 15 x 10 = 8
Portopolio :
Berilah keterangan pada huruf, A,B,C dan D pada peta benua Australia di samping.






Soal tes isian
6.      Pegunungan himalayah terdapat di benua....
7.      Gurun terluas di dunia adalah gurun...
8.      Sungai terpanjang di Asia adalah sungai...
9.      Danau terluas di dunia adalah danau...
10.  Dataran tinggi yang dijuluki atap dunia adalah ….
Kunci.
1.      himalayah
2.      sahara
3.      Yang Tse
4.      kaspia
5.      dataran tinggi pamir.







Pedoman Penyekoran.









No Soal
Jawaban
Skor
Skor Maks
1
Jika jawaban benar
1
1
2
Jika jawaban benar
1
1
3
Jika jawaban benar
1
1
4
Jika jawaban benar
1
1
5
Jika jawaban benar
1
1

Jumlah
5
5
Contoh, Joni memperoleh skor 4, maka nilai Joni adalah 4 x 2 = 8.

Tugas Uraian.
  1. Tuliskan 3 contoh kenampakan alam berupa pegunungan yang terdapat di Asia !

  2. Tuliskan 3 contoh kenampakan alam berupa sungai yang terdapat di Amerika !

  3. Tuliskan 3 contoh kenampakan alam berupa gurun yang terdapat di Australia!

  4. Tuliskan 3 contoh kenampakan alam berupa gunung yang terdapat di Eropa!

  5. Tuliskan 3 contoh kenampakan alam gurun yang terdapat di Afrika !


Kunci Jawaban.
  1. Pegunungan Himalayah, Ural, Tian Shen,

  2. Amazon. Mississippi dan Arkansas

  3. Viktoria, Pasir Besar dan Tanami

  4. Olympus, Etna dan Ebro

  5. Sahara, Libya dan Kalahari.


Pedoman Penskoran.








No Soal
Jawaban yang benar
Skor setiap jawaban
Skor maksimal
1
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3

3
2
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3

3
3
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3

3
4
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3

3
5
1 jawaban benar
2 jawaban benar
3 jawaban benar
1
2
3

3

Jumlah
15
15
Contoh, Ali memperoleh skor 13, maka nilai Ali adalah 13: 15 x = 8,67









Tugas Portofolio.



















Uraikanlah tiga kenampakan alam utama yang terdapat di benua pada gambar di atas



Mengetahui
Pengawas TK/ SD                                                                               Guru Kelas



H. ABD. RAHMAN MALLU ,S.Pd                                               ROKHMAN,S.Pd
NIP.                                                                                                    NIP. 132 244 070










































RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

MATA PELAJARAN : IPS
KELAS/SEMESTER    : IV / II
























ROKHMAN. S.Pd
No.Peserta. 07161006000002


PLPG SERTIFIKASI GURU NASIONAL
SDN NOMOR 004 SENGATA SELATAN
KUTAI TIMUR-2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar