Jumat, 22 Oktober 2010

LEMBAR PENILAIAN SERTIFIKASI GURU NASIONAL


LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari anga pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1 =  sangat tidak baik
2 =  tidak baik
3 =  kurang baik
4 =  baik
5 =  sangat baik































NO
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMARI
SKOR
I.
PRAPEMBELAJARAN

1.
Memeriksa kesiapan siswa
1   2   3   4   5
2.
Melakukan kegiatan apersepsi
1   2   3   4   5



II.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan materi pelajaran

3.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1   2   3   4   5
4.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1   2   3   4   5
5.
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar
1   2   3   4   5
6.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1   2   3   4   5



B.
Pendekatan/Strategi pembelajaran

7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
1   2   3   4   5
8.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1   2   3   4   5
9.
Menguasai kelas
1   2   3   4   5
10.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1   2   3   4   5
11.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
1   2   3   4   5
12.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang tumbuhnya direncakan
1   2   3   4   5



C.
Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran

13.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1   2   3   4   5
14.
Menghasilkan pesan yang menarik
1   2   3   4   5
15.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
1   2   3   4   5



D.
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1   2   3   4   5
17.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
1   2   3   4   5
18.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
1   2   3   4   5

















NO
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMARI
SKOR
E.
Penilaian proses dan hasil belajar

19.
Memantau kemajuan belajar selama proses
1   2   3   4   5
20.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1   2   3   4   5



F.
Penggunaan bahasa

21.
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
1   2   3   4   5
22.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1   2   3   4   5



III.
PENUTUP

23.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan libatkan siswa
1   2   3   4   5
24.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
1   2   3   4   5
Skor Total
............







Penilai,




……………………………
Sengata, 27 September 2007
Penilai, Pengawas




Drs. Samaruddin
Nip...................................




LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk
Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan social guru, dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, ,4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 =  sangat tidak baik/sangat rendah
2 =  tidak baik
3 =  kurang baik/kurang tinggi
4 =  baik
5 =  sangat baik/sangat tinggi














NO
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMARI
SKOR
1.
Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, misal: orang muslim rajin menjalankan sholat, orang Kristen rajin ke gereja, dll.)
1   2   3   4   5
2.
Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal)
1   2   3   4   5
3.
Kejujuran (menyampaikan sesuai apa adanya, misal: ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)
1   2   3   4   5
4.
Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal mulai dan mengakiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)
1   2   3   4   5
5.
Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejewat dan peserta didik dalam tutur kata ,berpakaian, ddl)
1   2   3   4   5
6.
Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kiadah-kaidah dalam tugas)
1   2   3   4   5
7.
Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas)
1   2   3   4   5
8.
Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain)
1   2   3   4   5
9.
Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami sasaran, misal: dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)
1   2   3   4   5
10.
Kemampuan bekerjasama
1   2   3   4   5

Skor Total





Penilai,




……………………………
Sengata, 27 September 2007
Penilai, Pengawas




Drs. Samaruddin
Nip...................................



LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 =  sangat tidak baik
2 =  tidak baik
3 =  kurang baik
4 =  baik
5 =  sangat baik












No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
1   2   3   4   5
2.
PemiliPemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
1   2   3   4   5
3.
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
1   2   3   4   5
4.
Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)
1   2   3   4   5
5.
Kejelasan skenario pembejalaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran : awal, inti, dan penutup)
1   2   3   4   5
6.
Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
1   2   3   4   5
7.
Kesesuai teknik dengan tujuan pembelajaran
1   2   3   4   5
8.
Kelengkapan instrumen (oal, kunci, pedoman penskoran)
1   2   3   4   5
Skor Total
............







..................................................
Penilai,




...............................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar