LEMBAR JAWABAN
APLIKASI STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN
1. Pengertian dan Jenis Statistika
Pengertian Statistika :
Statistika adalah bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara
pengumpulan, analisis, dan penafsiran data.
Jenis Statistika :
a) Statistika Deskriptif ialah teknik-teknik statistika yg bertujuan memperoleh gambaran tetang data yang diperoleh.
b) Statistika. Inferensial ialah teknik-teknik statistika yg bertujuan menaksir parameter populasi dari data yang diperoleh dari sampel. (menguji hipotesis)
c) Statistika Parametrik ialah teknik-teknik analisis statistika yg didasarkan pada model distribusi normal.
d) Statistika. Nonparametrik ialah teknik-teknik analisis statistika yg tidak didasarkan pada model distribusi tertentu. (distribution free statistics)
e) Statistika Univariat ialah teknik-teknik statistika yg hanya melibatkan satu variabel terikat.
f) Statistika. Multivariat ialah teknik-teknik statistika yg melibatkan lebih dari satu variabel terikat.
2. Judul Penelitian : “ Pengaruh motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai
Dinas Pendidikan Kota Samarinda Tahun 2008 “
a. Jenis Variabel :
1. Variabel independent : motivasi dan disiplin kerja
2. Variabel dependen : kinerja pegawai dinas pendidikan
b. Jenis data tiap variable :
Data pada variable independent maupun dependen termasuk data kualitatif
karena bukan berupa angka dan tidak dapat dilakukan operasi matematika
c. Populasi dan sampel pada penelitian tersebut :
1. Populasinya adalah seluruh pegawai yang berada pada Kantor Dinas
Pendidikan Kota Samarinda
2. Sampelnya, untuk menghitung sample pada suatu instansi yang belum
diketahui jumlah personilnya maka peneliti dapat berhipotesis bahwa
motivasi dan disiplin kerja pegawai paling sedikit 70 % dari tolok ukur ideal
yang ditetapkan. Untuk itu diperlukan sample sebagai sumber
datanya.Sampel dapat dilakukan dengan rumus :
pq
n ≥ — Keterangan :
σp² n = ukuran sample
p = prosentase hipotesis yang dinyatakan
dalam peluang yang besarnya = 0,50
q = 1 – 0,50 = 0,50
σp = perbedaan antara yang ditaksir pada
hipotesis kerja ( Ha ) dengan hipotesis nol ( Ho ) dibagi z pada tingkat
kepercayaan tertentu misalkan tingkat kepercayaan 95 %, z = 1,96 maka :
( 70 % - 50% )²
σp² = ——————— = 0,0104 dengan demikian ukuran sample dengaan
( 1,96 )²
Tingkat kepercayaan 95 % adalah :
( 0,50 ) ( 0,50 )
n = —————— = 24,0292 atau 25 orang paling sedikit
0,0104
d. Hipotesis yang mungkin :
1. Terdapat pengaruh yang positip antara motivasi dengan kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Samarinda.
2. Terdapat pengaruh yang positip antara disiplin kerja dengan kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Samarinda
3. Terdapat pengaruh yang positip antara motivasi dan disiplin kerja pegawai secara bersama-sama dengan kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kota Samarinda
e. Teknik statistika yang digunakan pada penelitian tersebut adalah
3. Langkah pengembangan instrument. Titik tolak penyusunan adalah variable penelitian
yang ditetapkan untuk penelitian. Dari variable tersebut diberikan defenisi
operasionalnya selanjutnya ditentukan indicator yang akan diukur. Dari indicator
kemudian dijabarkan menjadi butir-butir pernyataan.
Contoh : variable penelitiannya “ tingkat kekayaan “
Maka indicator kekayaan misalnya rumah, kendaraan, tempat belanja, pendidikan, jenis
makanan yang sering dimakan, jenis olahraga yang sering dilakukan, tempat liburan.
Untuk indicator rumah bentuk pertanyaannya : 1. berapa jumlah rumah, 2. dimana letak
rumahnya, 3. berapa luas rumah masing-masing dan 4. bagaimana kualitas
bangunannya.
4.
5. Judul Penelitian : “HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN BIMBINGAN WALI KELAS PADA SMA MUHAMMADIYAH TANJUNG REDEB BERAU”
1. Rumusan Masalah
Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan wali kelas pada SMA Muhammadiyah
2. Tujuan Penelitian
a. Tujuan Umum
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antar sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan wali kelas SMA Muhammadyah Tanjung Redeb
b. Tujuan Khusus
1). Mengindetifikasikan prestasi belajar siswa sebelum mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
2). Mengindentifikasikan prestasi belajar siswa sesudah mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
3) Mengindentifikasin perbedaan prestasi belajar siswa dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
3. Hipotesa Penilitian
a. Hipotesa nol (HO) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
b. Hiptesa Alternatif (Ha) ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapat bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
Kriteria pengujian hipotesa penelitian dengan tingkat kemakmuran nilai alpha 5 % (0,05) adalah :
1) Bila nilai p ≤ ά , maka keputusannya adalah Ho di tolak
2) Bila nilai p > ά , maka keputusannya adalah Ho di terima
4. Metodologi Penelitian
Desain penelitian yang digunakan adalah Pra-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb
Analisa data terdiri dari :
a. Analisa Univariat
Prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb, hasil ukurnya adalah nilai Raport siswa yang merupakan data numeric, maka analisa univariatnya menggunakan ukuran tengah tengah dan sebaranya.
b. Analisa Bivariat
Analisis bivariat untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan dari wali kelas SMA Muhammadiyah Tanjung Redeb, dalam penelitian ini menggunakan uji statistic yaitu Uji T dependen, karena kedua kelompok data dependen
5. Hasil Penelitian
Hasil perhitungan dengan SPSS versi 12 , dengan penjelasan sebgai berikut :
- Tabel paired sample statistic
Pada table tersebut menunjukkan nili rata-rata, standar deviasi dan standar error men anatar prestasi belajar siswa (sebelum mendapatkan bimbingan). Dan prestasi belajar 2 (sesudah mendapat bimbingan). Rata-rt prestasi belajar siswa adalah 55,10 denga standar deviasi3,736 dan standar error mean 0,682. Pada prestasi belajar 2 pada prestasi didapat rata-rata belajarnya adalah 75,20 engan standar deviassi 3,357 dan standar error mean 0,613.
- Tabel paired sample test
Pada table tersebut menunjukkan nilai perbedaan antara prestasi belajar siswa 1(sebelum mendapat bimbingan ) dan prestasi belajar 2 (sesuadah mendapat bimbingan ) adalah 0,20100 dengan standar deviasi 1,2423. Perbedaan ini di uji dengan uji t dependen menghasilkan nilai p yang dapat dilihat pada kolom sig (2-tailed) yaitu p=0,000 maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan anatara sesudah dan sebelum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar